Kirim Bantuan ke AS, Erdogan Sebut Turki Sekutu Kuat dan Terpercaya AS

0
583

Istanbul, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tekad Turki melanjutkan solidaritasnya sebagai mitra terpercaya dan kuat AS.

Hal itu dinyatakan Erdogan dalam suratnya kepada Trump yang dilayangkan bersama dengan pengiriman bantuan medis Turki ke AS untuk penanggulangan wabah Covid-19 yang terus menggila di AS.  Bantuan itu antara lain berupa pakaian pelindung dan masker.

“Saya berharap bantuan sederhana ini akan mendukung perjuangan Anda melawan epidemi ini dan menyembuhkan warga Anda yang terinfeksi corona… Yakinlah bahwa Turki akan melanjutkan semua bentuk solidaritasnya sebagai mitra AS  yang terpercaya dan kuat,” ungkap Erdogan dalam surat yang dirilis Kantor Istana Presiden di Ankara, Rabu (29/4/2020).

Presiden Turki juga menyatakan, “Perkembangan terakhir di wilayah kami menunjukkan pentingnya melanjutkan aliansi dan kerjasama Turki-AS sekuat mungkin… Saya percaya bahwa kita akan bergerak kuat menuju masa depan di bidang kesehatan masyarakat berkat pelajaran yang telah kita petik dari penanggulangan krisis ini dan dari kemampuan yang telah kita kembangkan.”

Kongres AS pernah mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap Turki  karena membeli sistem pertahanan S-400 dari Rusia, tapi pandemi Covid-19 menunda rencana pengaktifkan sistem tersebut karena Ankara sedang berfokus pada upaya penanggulangan wabah ini.

Menyinggung ancaman itu, Erdogan menyatakan, “Saya berharap bahwa di masa mendatang, dengan semangat solidaritas yang telah kami perlihatkan selama pandemi ini, media Kongres dan AS akan lebih memahami pentingnya hubungan kita, ” harap Erdogan.

Hubungan Turki dengan AS memburuk dalam beberapa tahun terakhir akibat perselisihan kedua negara mengenai kondisi di Suriah, terutama terkait dengan dukungan AS kepada milisi Kurdi Suriah yang sangat dimusuhi Turki. (mm/raialyoum/reuters)

DISKUSI: