Kecam UE, Raisi: Terorisasi IRGC karena Eropa Putus Asa terhadap Piagam PBB

0
100

Teheran, LiputanIslam.com   Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi mengutuk tindakan Uni Eropa (UE) mencantumkan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dalam daftar hitam organisasi teroris, dan menyebutkan UE bertindak demikian karena “keputusasaan”.

Berbicara dalam sesi kabinet pada hari Kamis (19/1), Raisi menyinggung amandemen resolusi baru-baru ini oleh Parlemen Eropa yang meminta UE dan negara-negara anggotanya untuk memasukkan IRGC ke dalam daftar hitam teroris versi mereka.

“Langkah ini keluar dari keputusasaan dan ini terjadi setelah upaya mereka yang gagal di jalanan untuk memberikan pukulan kepada rakyat Iran,” kata Raisi, mengacu pada gelombang kerusuhan yang sempat melanda Iran sejak pertengahan September 2022 di tengah heboh kematian Mahsa Amini.

“Eropa mengira bisa menghentikan bangsa Iran dengan langkah-langkah seperti itu,” katanya.

Dia menegaskan bahwa IRGC adalah “pasukan resmi” dan bagian dari Angkatan Bersenjata Iran, dan bahwa tindakan UE itu “bertentangan dengan hukum internasional dan Piagam PBB.”

Parlemen Eropa mengadopsi resolusi lain pada hari Kamis, menyerukan lebih banyak sanksi terhadap individu dan entitas Iran, termasuk Raisi, serta mencantumkan IRGC dalam daftar teroris UE dengan dalih pelanggaran HAM selama gelombang kerusuhan di Iran.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dalam percakapan telepon dengan kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell, Kamis, menyebut langkah Parlemen Eropa itu sebagai “tembakan di kaki Uni Eropa,” dan memastikan bahwa Parlemen Iran akan memberikan tanggapan yang “sah dan kuat” terhadap tindakan tersebut.

Dia mendesak Parlemen Eropa untuk “memikirkan konsekuensi buruk dari perilaku emosionalnya dan untuk fokus pada jalur diplomasi, interaksi konstruktif, dan rasionalitas.”

Pada hari Rabu lalu anggota Parlemen Eropa mendukung amandemen yang ditambahkan ke laporan tahunan kebijakan luar negeri, dan menyerukan “UE dan negara anggotanya untuk memasukkan IRGC ke dalam daftar teroris UE”. Langkah tersebut disahkan dengan suara 598 setuju, sembilan menentang, dan 31 abstain.(mm/presstv)

Baca juga:

Iran Bantah Klaim Barat Ada Program Nuklir Rahasia

Menlu Saudi: Dialog dengan Iran adalah Jalan Terbaik

DISKUSI: