Kaum Zionis Menyerbu Masjid Al-Aqsa dan Menyerang Jamaah Iktikaf

0
354

Quds, LiputanIslam.com –   Puluhan jamaah iktikaf menderita luka-luka dan lima orang lainnya ditangkap dalam peristiwa serbuan kaum Zionis Israel ke Masjid al-Aqsa yang menyebabkan terjadinya bentrokan antara para penjaga masjid ini dan pasukan Zionis di halaman Masjid, Minggu (2/6/2019).

Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa sejumlah besar polisi Israel, termasuk kepala kepolisian Quds (Yerussalem), telah menyerbu Masjid al-Aqsa dan menyerang jamaah secara brutal.

Disebutkan bahwa awalnya kelompok-kelompok massa Zionis datang dalam jumlah sekira 1000 orang di bawah pimpinan ektremis Yehuda Joshua Glick.

Baca: Israel Lelang Kelas Darurat Palestina

Pasukan Zionis memblokir Masjid Qibli serta melepaskan bom kejut dan peluru-peluru karet serta memukuli jamaah. Mereka juga mengunci pintu-pintu Masjid Qibli, mengepung jamaah iktikaf yang ada di dalamnya, serta melakukan pengrusakan di dalam masjid ini.

Pasukan Israel mengizinkan pendudukan masjid itu oleh massa yang beraksi untuk menandai peringatan “Penyatuan Yerussalem”, yakni pendudukan Zionis atas kota Quds Timur.

Pasukan Israel dikerahkan di halaman Masjid al-Aqsa untuk mengamankan jalannya aksi massa Zionis, dan pada peristiwa inilah lima orang pemuda Palestina dipukuli dan ditangkap, sementara para jamaaf iktikaf lainnya meneriakkan takbir dan slogan-slogan kutukan terhadap penyerbuan tersebut.

Sumber-sumber itu mengatakan bahwa pasukan Zionis pada dini hari Minggu telah menutup Gerbang Asbath dan Hattah serta melarang masuk jamaah shalat sembari mengatakan bahwa saat itu tidak ada iktikaf di al-Aqsa.

Baca: Media Israel Ungkap Skandal ‘Kesepakatan Abad Ini’

Sebelumnya, organisasi-organisasi ekstremis Zionis yang mengklaim sebagai pencari Kuil Sulaiman telah menyerukan kepada warga Zionis untuk berpartisipasi dalam serbuan ke Masjid al-Aqsa bersamaan dengan apa yang mereka sebut “Hari Yerussalem” yang dikaitkan dengan peristiwa pendudukan sisa kawasan kota Quds pada tahun 1967.

Terkait peristiwa ini tersiar rekaman video amatir yang memperlihatkan kerumunan polisi Israel memasuki masjid lengkap dengan sepatu mereka, sementara beberapa jamaah hanya melihat tanpa bisa berbuat apapun. Selain itu, juga beredar beberapa foto (mm/alalam)

DISKUSI: