Jumpai Suku-Suku Di Irak, Rouhani Nyatakan Iran Terdepan Dalam Penumpasan ISIS

0
81

Karlaba, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa bangsa Iran “berdiri di garis depan” dalam penumpasan ISIS menyusul jatuhnya Mosul di Irak utara ke tangan kawanan teroris takfiri tersebut pada  lima tahun lalu.

Rouhani menyatakan hal tersebut dalam pertemuan dengan kelompok-kelompok suku dan adat di kawasan Eufrat Tengah, Irak, ketika berkunjung ke kota Karbala, Selasa (12/3/2019), sebagaimana dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu.

“Kami sangat menghargai semua suku Irak yang bangkit melawan imperialis, dan saya berterima kasih kepada bangsa Irak atas keramahan mereka sebagai tuan rumah dan atas layanan mereka kepada bangsa Iran, terutama dalam ziarah-ziarah yang melibatkan jutaan umat,” ungkap Rouhani.

Dia menambahkan, “Pada 2014, setelah jatuhnya Mosul (ke tangan ISIS), dan terorisme mengancam seluruh Irak, rakyat Iran berdiri di garis depan untuk memerangi organisasi ini.”

Dia juga mengungkapkan rasa gembiranya atas eratnya hubungan antara bangsa Iran dan bangsa Irak.

“Kami sangat senang melihat hubungan yang sangat baik antara kedua bangsa, dan kami sangat senang bahwa rakyat Irak bersama kami dalam segala keadaan,” tuturnya.

Rouhani tiba di Baghdad, Senin (11/3/2019), dalam rangka kunjungan resmi pertama kalinya ke Irak yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari.

Di Negeri 1001 Malam dia telah mengadakan pertemuan dengan sejawatnya, Presiden Barham Salih, Perdana Menteri Adel Abdul-Mahdi dan Ketua Parlemen Mohamed Halbousi.

Presiden Iran dijadwalkan juga akan menemui ulama besar Irak Sayyid Ali al-Sistani di kota Najaf hari ini, Rabu(11/3/2019). (mm/raialyoum)

DISKUSI: