Jumlah Syuhada Palestina Jadi 27 Orang, 4 Orang Israel Terbunuh

0
68

Gaza, LiputanIslam.com – Tim pertahanan sipil dan tim medis Palestina di Jalur Gaza dilaporkan telah mengevakuasi seorang pria Palestina dan istrinya dari puing-puing rumah mereka yang dihancurkan oleh pasukan Israel dalam serangan udara ke Jalur Gaza pada hari Minggu (5/5/2019).

Juru bicara Departemen Kesehatan Palestina di Gaza Ashraf al-Qudra menyebutkan bahwa jenazah pasangan suami istri Talal Atiya Abu al-Jadyan, 48 tahun, dan istrinya Raghda Mohammed Abu al-Jadyan, 40 tahun, ditemukan di lingkungan Sheikh Zayed di Jalur Gaza utara.

“Jenazah itu ditemukan di bawah puing-puing,” katanya kepada AFP, Senin (6/5/2019).

Departemen ini mencatat sekira 180 warga terluka dengan kondisi beberapa di antaranya “parah dan kritis” akibat serangan Israel.

Dengan adanya temuan jenazah sepasang suami istri itu maka jumlah syuhada Palestina yang gugur dalam eskalasi Palestina-Israel yang terjadi sejak Jumat lalu bertambah menjadi 27 orang yang  sembilan di antaranya adalah aktivis Hamas dan Jihad Islam.

Di lain pihak, Rezim Zionis Israel menyatakan empat orang Israel tewas akibat gempuran roket para pejuang Palestina yang diluncurkan dari Jalur Gaza.

Dalam perkembangan terbaru, tiga orang petinggi Palestina yang mengetahui adanya perundingan menyatakan bahwa para pemimpin Palestina di Jalur Gaza sepakat menerapkan gencatan senjata dengan Israel sejak Senin pagi setelah kedua pihak terlibat konfrontasi paling serius sejak perang yang pernah berkobar pada tahun 2014.

Tentara Israel menyebutkan bahwa sekitar 690 roket telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel sejak Sabtu lalu, dan sistem pertahanan udara Israel telah mencegat lebih dari 240 di antaranya.

Tentara Israel juga menyatakan bahwa jet tempur dan tanknya telah menggempur sekitar 350 posisi militer Hamas dan Jihad Islam, termasuk terowongan faksi Jihad Islam yang membentang dari Jalur Gaza selatan ke wilayah Israel. (mm/raialyoum)

DISKUSI: