Jihad Islam Palestina Luncurkan Rudal Baru Dan Janjikan Kejutan Lebih Besar

0
95

Gaza, LiputanIslam.com –  Sayap militer faksi Jihad Islam Palestina, Brigade al-Quds, telah meluncurkan rudal domestik terbarunya dengan menembakkannya ke sasaran di wilayah pendudukan Israel.

Kelompok perlawanan ini, Ahad (5/5/2019), merilis sebuah video yang memamerkan rudal baru yang dinamai “Badr 3”, dan peluncurannya ke posisi di kota Ashkelon, 50 kilometer selatan Tel Aviv.

Rudal itu membawa hulu ledak seberat 250 kilogram sehingga menjadi lompatan besar dari pendahulunya yang berhulu ledak jauh lebih kecil dan hanya seberat 40 kilogram.

Video itu memperlihatkan setidaknya empat rudal Badr 3 bergemuruh di kegelapan malam Sabtu dan Ahad (4-5/5/2019) dan melesat menuju Ashkelon yang terletak di 13 kilometer utara pagar pemisah Jalur Gaza-Israel.

Di bagian akhir video itu Brigade al-Quds memperingatkan Israel bahwa “apa yang akan terjadi selanjutnya akan lebih besar.”

Sementara itu, sayap militer Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam, merilis video baru yang mendokumentasi serangannya ke sebuah kendaraan lapis baja Israel dengan rudal anti-tank Kornet buatan Rusia.

Serangan itu terjadi pada Minggu lalu di lokasi yang dirahasiakan di utara Jalur Gaza.

Media Israel menyatakan bahwa sebuah pesawat nirawak Hamas telah menembakkan rudal ke konvoi militer Israel, namun tidak dijelaskan kerugian dan korban yang mungkin jatuh akibat serangan ini.

Brigade Ezzedine al-Qassam bersumbar bahwa dengan pesatnya pengembangan rudal mereka maka “tak setitik pun di semua wilayah Palestina pendudukan (Israel) aman dari rudal kubu resistensi.”

Serangan para pejuang Palestina itu dilancarkan sebagai balasan  atas serangkaian serangan udara Israel ke berbagai sasaran di Jalur Gaza sejak Sabtu lalu yang sejauh ini telah menggugurkan sedikitnya 27 orang Palestina, termasuk dua wanita hamil dan dua bayi, dan melukai lebih dari 100 lainnya. (mm/presstv)

DISKUSI: