Jenderal Soleimani: CIA Minta Trump Tak Berkonfrontasi Dengan Iran

0
156

Teheran, LiputanIslam.com – Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Mayjen Qassem Soleimani, mengungkapkan adanya surat rekomendasi dinas rahasia AS (CIA) kepada Presiden AS Donald Trump tentang perang dengan Iran.

Di tengah merebaknya isu kemungkinan konfrontasi militer antara AS dan Iran, Soleimani menilai kecil kemungkinan AS akan menyulut perang terhadap Iran, .

Dalam sebuah video yang diposting di halaman Twitter-nya, Sabtu (4/5/2019), Soleimani menyatakan, “Lihatlah apa yang CIA sarankan untuk dilakukan oleh Donald Trump ?! Mereka mengatakan: ‘Kita seharusnya tidak terlibat dalam perang  melawan Iran, meskipun hanya pada satu titik!’”

Soleimani menambahkan, “Musuh berkata, segala bentuk aksi militer akan membawa semua kepentingan mereka kepada resiko!”

Jenderal tersohor Iran ini kemudian menyebutkan, “Apa yang saya katakan adalah murni informasi, bukan analisis!”

Komandan Umum Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Abdolrahim Mousavi Rabu lalu (1/5/2019) menyerukan kepada segenap korpsnya untuk bersiaga perang dan bersiap seolah sedang menghadapi serangan di malam hari.

“Seluruh pasukan dan korps kita harus berkesiapan pada level tertinggi seakan sedang mengalami serangan di malam hari, dan harus selalu berlatih permainan perang,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “Ancaman musuh sekarang serius, dan tentu ancaman ini pada awalnya tidak akan berkenaan dengan darat. Meski demikian, Angkatan Darat harus menjaga kesiapannya, mengingat hal ini merupakan poros semua operasi.”

AS dua minggu lalu memasukkan pasukan elit Iran IRGC dalam daftar organisasi teroris asing. Hal ini merupakan  kalinya AS secara resmi menyebut pasukan militer negara lain sebagai kelompok teroris.

Di pihak lain, Iran membalas tindakan AS itu dengan menyebut Komando Pusat AS (CENTCOM)  dan afiliasinya di Asia Barat sebagai organisasi teroris dan penyokong para ekstremis. (mm/raialyoum)

DISKUSI: