Israel Serang Hamas di Beberapa Lokasi di Jalur Gaza

0
110

Foto arsip

Gaza, LiputanIslam.com –  Jet tempur Israel melancarkan serangan ke beberapa posisi Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, di Jalur Gaza, Rabu malam (15/1/2020).

Kantor berita Turki, Anatolia, melaporkan bahwa beberapa jet tempur Israel telah menembakkan sejumlah rudal ke sebuah posisi Brigade Ezzeddin al-Qassam, sayap militer Hamas, di bagian utara Jalur Gaza.

Serangan udara Israel itu menimbulkan kerugian materi dan kerusakan pada properti warga yang ada di sekitar target serangan, namun tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban tewas ataupun luka.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah militer Israel mengklaim telah terjadi penembakan empat roket dari Jalur Gaza ke arah Israel, yang dua di antaranya dapat dicegat, sementara dua lainnya jatuh di tempat terbuka tanpa menimbulkan korban maupun kerusakan.

Tak ada kelompok Palestina yang mengaku bertanggungjawab penembakan roket pada Rabu malam sekitar jam 19.00 waktu setempat itu.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa sebuah balon berisi bahan peledak juga telah jatuh di kota Sderot di bagian selatan Israel (Palestina pendudukan 1948) pada Rabu sore.

Baca: Israel Menyerang Lanud T-4 di Suriah

Surat kabar Yedioth Ahronoth menyebutkan bahwa para ahli bahan peledak Israel lantas mendatangi lokasi jatuhnya balon tersebut.

Layang-layang dan balon yang membawa bahan-bahan pembakar pernah dijadikan senjata oleh orang-orang Palestina di Jalur Gaza untuk menyerang tentara dan kaum Zionis di wilayah pendudukan sejak Jalur Gaza kerap diriuhkan oleh aksi unjuk rasa menuntut pemulangan seluruh pengungsi Palestina dan penghentian blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

Baca: Ketakutan, Israel Kembali Bantah Terlibat Teror Soleimani

Ketegangan meletus pada November 2019 setelah Israel membunuh seorang pemimpin terkemuka Jihad Islam Palestina, yang menyebabkan terjadinya serangan roket faksi itu dan kemudian reaksi balik Israel berupa serangan udara ke Jalur Gaza. (mm/raialyoum)

DISKUSI: