Israel Menyerang Lanud T-4 di Suriah

0
82

Damaskus, LiputanIslam.com –  Jet tempur Israel melancarkan serangan udara ke sebuah pangkalan udara di bagian tengah Suriah, dan unit pertahanan udara Suriahpun mencegat sejumlah rudal, namun empat rudal di antaranya menimpa target dan menyebabkan kerusakan material.

Kantor berita Suriah, SANA, saat melaporkan hal tersebut, mengutip keterangan sumber militer bahwa pada Selasa malam (14/1/2020) bahwa pesawat-pesawat Israel melancarkan agresi udara baru ke Pangkalan Udara (Lanud) T-4  dari arah daerah Al-Tanf.

Al-Ikhbariya al-Suriah menyebutkan kabar bahwa musuh menyerang pangkalan militer itu dengan jet tempur dan rudal, sementara sumber militer Suriah menyatakan bahwa lanud di bagian timur provinsi Homs itu mendapat serangan rudal pada Selasa malam.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh media resmi Suriah, sumber itu menjelaskan, “Jet-jet tempur Israel melancarkan agresi udara baru ke Lanud T-4 dari arah kawasan Al-Tanf, dan segera unit pertahanan udara kami menghadang rudal musuh serta menjatuhkan beberapa di antaranya, sementara empat rudal mencapai daerah sasaran, namun kerusakan terbatas pada materi. ”

Baca: Ketakutan, Israel Kembali Bantah Terlibat Teror Soleimani

Sumber yang dekat dengan pasukan pemerintah Suriah menuduh pasukan AS yang mengendalikan daerah Al-Tanf di perbatasan Suriah-Irak  “memfasilitasi perjalanan pesawat tempur Israel yang membom Lanud T-4”.

Baca: AS Kosongkan Pangkalan Militer “Al-Balad” di Irak

Beberapa sumber pemerintah Suriah mengatakan kepada DPA bahwa beberapa pesawat nirawak dikerahkan dalam pemboman itu dan beberapa diantaranya tertembak jatuh.

Pihak oposisi Suriah menyatakan bahwa T-4 merupakan pangkalan utama Iran di Suriah, dan target yang diserang saat itu adalah markas dan gudang-gudang senjata pasukan Iran.

Lanud T-4 sudah beberapa kali mendapat serangan Israel, dan yang terbaru di antaranya terjadi pada April 2019. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: