Israel Kuatir Mendapat Serangan Seperti Insiden Aramco

0
103

Nazaret, LiputanIslam.com –  Para pejabat Israel memperlihatkan ketakutan mereka terhadap kemungkinan dari arah Irak barat mendapat serangan seperti yang telah menerjang fasilitas minyak Aramco milik Arab Saudi.

Laporan dari channel 24 News milik Israel menyebutkan bahwa tragedi Aramco merupakan peringatan bagi Barat dan Israel.

“Kemampuan serangan demikian juga dapat digunakan terhadap Israel sehingga lembaga keamanan harus siap mengantisipasi serangan,” bunyi laporan itu.

Baca: Komandan IRGC: Penghancuran Israel Bukan Lagi Impian, Melainkan Tujuan yang Bisa Dicapai

Menurut laporan ini, para pejabat Israel telah menganalisa insiden Aramco dan mencapai beberapa kesimpulan, antara ialah bahwa “serangan itu sangat mengejutkan, dilancarkan dari jarak yang relatif jauh pada kedalaman 650 km”.

Laporan itu mengklaim Iran berada di balik serangan itu dan memiliki kemampuan intelijen yang handal, baik dalam memilih sasaran maupun dalam menentukan rute serangan dan senjata, serta dapat menerobos sistem pertahanan udara Saudi meskipun Riyadh telah menghamburkan dana miliaran dolar AS demi pertahanan di sepanjang kawasannya sehingga menunjukkan bahwa sistem itu ternyata tidak efektif bahkan dalam menghadapi “serangan kecil dan lambat”.

Baca: ‘85% Populasi Gaza Hidup di Bawah Garis Kemiskinan Akibat Blokade Israel’

Para pejabat Israel terheran oleh tingginya presisi serangan hingga mencapai radius kurang dari tiga meter. Mereka menilai bahwa Iran sebagai negara berteknologi menengah telah sanggup mengembangkan rudal-rudal yang dapat dipakai untuk serangan jarak menengah secara akurat dan efektif.

Mereka juga menyebutkan bahwa upaya pencegahan yang dikerahkan selama ini untuk menjauhkan Iran dari teknologi dan perlengkapan ternyata gagal menghalanginya dari pengembangan kemampuan lokal. (mm/raialyoum)

DISKUSI: