Israel Bersiaga Mengantisipasi “Serangan Balasan” Iran

0
162

Quds, LiputanIslam.com –  Pasukan Zionis Israel bersiaga mengantisipasi serangan militer balasan Iran dalam beberapa hari mendatang, terkait dengan serangan Israel pada dini hari Rabu (20/11/2019), yang menarget posisi Iran di sekitar Damaskus, ibukota Suriah. Demikian dilaporkan media Israel pada Rabu malam.

Channel 13 milik Israel melaporkan bahwa tentara Zionis di bagian utara Israel (Palestina pendudukan 1948) berada dalam kondisi siaga setelah Iran diduga kuat berniat melancarkan serangan balasan atas “pembunuhan tentara Israel terhadap seorang komandan senior Iran dan perwira Iran lainnya di Suriah pada pekan ini”.

Saluran ini menambahkan bahwa gambar satelit yang diperoleh tentara dari intelijen Israel menunjukkan bahwa markas besar “Pasukan Quds” Iran di Suriah, yang dikenal sebagai “Rumah Kaca”, rusak parah oleh serangan Israel, sehingga Iran sangat mungkin akan membalas.

Baca: Israel Mengancam Iran Sembari Melecehkan Arab Saudi

Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Avichai Adraee di Twitter menyatakan, “Jet-jet tempur Israel menggempur puluhan sasaran militer Pasukan Qods Iran dan tentara Suriah di wilayah Suriah, termasuk berupa rudal darat-ke-udara, markas-markas komando, gudang-gudang senjata, dan pangkalan-pangkalan militer.”

Baca: Ledakan Terjadi Dekat Bandara Damaskus, Israel Hadapi Empat Roket dari Suriah

Menurut kantor berita Suriah, SANA, pemerintah negara ini menyatakan dua warga sipil terbunuh dan dan satu lainnya terluka akibat dari serangan di sekitar Damaskus.

Dalam berbagai kesempatan, militer Israel mengaku telah melakukan ratusan serangan terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah dalam beberapa tahun terakhir dengan dalih demi mencegah apa yang disebutnya militer Iran berposisi di Suriah. Israel dan Iran menganggap satu sama lain sebagai musuh nomor wahid. (mm/raialyoum)

DISKUSI: