Iran Tuding Israel Berada di Balik Serangan terhadap Kapal Komersial di UEA

0
79

Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara parlemen Iran Behrouz Nemati menuding Israel berada di balik serangan terhadap kapal tanker dan kapal komersial di kawasan lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA).

Bahruz Nemati, Selasa (14/5/2019), mengatakan bahwa dalam sebuah rapat tertutup parlemen Iran telah membahas serangan di perairan teritorial menuju pantai timur dekat Fujairah di lepas perairan teritorial dan perairan ekonomi UEA.

Senada dengan ini, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Jawad Zarif menyatakan negaranya mengkhawatirkan tindakan sabotase di perairan Teluk Persia itu.

Zarif menekankan bahwa ada orang-orang yang berusaha memprovokasi ketegangan di kawasan ini melalui tindakan sabotase, dan Teheran menduga aksi bertujuan mengobarkan situasi.

Sehari sebelumnya, sebagaimana dikutip IRNA, petinggi parlemen Iran Heshmatollah Falahatpisheh menyebutkan bahwa “para pelaku sabotase dari negara ketiga” bisa jadi berada di balik serangan yang oleh UEA disebut berbahaya itu.

Pada konteks yang sama, anggota Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran, Mustafa Kawakibian, menyatakan “serangan itu dibuat-buat dan tak bisa diterima.”

“Apa yang terjadi di pelabuhan Fujairah, UAE, adalah kasus palsu, kami curiga, dan kami menolaknya,” kata Kawakibian.

UEA Minggu lalu menyatakan bahwa empat kapal komersial  menjadi sasaran aksi “sabotase” di perairannya, beberapa jam setelah negara ini menyangkal laporan mengenai adanya ledakan di terminal kapal tanker minyak. Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serika dan Iran. (mm/raialyoum)

DISKUSI: