Teheran, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi, Ahad (8/9/2011), mengumumkan bahwa kapal tanker “Adrian Daryai 1” milik negara ini sudah mencapai tujuannya dan telah menjual minyak yang dimuatnya.

“Kamilah yang menentukan arah kapal tanker minyak Iran, dan ia sudah tiba mencapai tujuannya, dan minyak yang dimuat sudah terjual. Ia sekarang berada di laut,” ungkapnya, tanpa menyebutkan nama tempat atau negara tujuan maupun pihak yang telah membeli minyak itu.

Dia menambahkan bahwa tindakan hukum terkait dengan kapal tanker minyak Inggris yang ditahan di Iran sedang menjalani tahap-tahap akhir.

Sehari sebelumnya Kementerian Luar Negeri Inggris mengungkapkan kekesalannya atas mendekatnya kapal Adrian Daryai 1 ke kawasan pantai Suriah.

Baca: Tanker Minyak Iran “Adrian Darya 1” Turunkan Muatannya di Pelabuhan Suriah

Kementerian ini menyebut Iran telah melanggar janjinya untuk tidak menuju Suriah, dan karena Iran  itu telah “menempuh jalur yang cacat moral”.

Sebelumnya, kantor berita Associated Press (AP) yang berbasis di AS melaporkan bahwa foto-foto hasil pencitraan satelit mengungkap keberadaan Adrian Daryai 1 di dekat pelabuhan Tartus, Suriah.

AP mengaku telah mendapat foto-foto itu dari Maxar Technologies Inc. , perusahaan teknologi luar angkasa di Westminster, Colorado, AS.

Baca: Enam Awak Stena Impero Resmi telah Tinggalkan Iran

Menurut AP, Adrian Daryai 1 terpantau mendekati Suriah meskipun ketika kapal supertanker itu ditahan oleh pasukan Inggris di Gibraltar beberapa pekan lalu Iran berjanji untuk tidak melayarkan kapal itu ke Suriah yang dikenai sanksi oleh Uni Eropa.

Mengomentari foto-foto itu penasehat keamanan nasional AS John Bolton menyatakan bahwa berilusi belaka orang yang mengatakan kapal tanker minyak Iran yang memuat 2.1 juta barel minyak seharga US$ 130 juta itu tidak mengarah ke Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*