Iran Nyatakan Pesawat Ukraina Terjatuh Karena “Kelalaian Manusia”

0
102

Teheran, LiputanIslam.com –  Otoritas Iran akhirnya mengumumkan bahwa jatuhnya pesawat Ukraina di sekitar Teheran  pada Rabu lalu terjadi karena faktor “human error” atau kelalaian manusia, yaitu bahwa pesawat penumpang itu telah terbang dekat dengan situs militer yang sensitif sehingga terjadi salah tembak “pada saat krisis yang disebabkan oleh petualangan AS.”

Dalam sebuah pernyataan hari ini,  Sabtu (11/1/2020), Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran menyebutkan faktor ketegangan situasi dalam beberapa jam setelah serangan rudal Iran ke pangkalan-pangkalan AS di Irak, dan menyatakan bahwa Teheran saat itu berada dalam status siaga tertinggi “dalam menanggapi ancaman presiden kriminal dan para komandan militer AS ” untuk menyerang sejumlah besar target Iran.

“Dalam beberapa jam setelah serangan rudal, penerbangan oleh pesawat tempur pasukan Amerika di seluruh negeri meningkat, dan beberapa laporan target udara yang menuju ke pusat-pusat strategis negara itu diterima oleh unit-unit pertahanan, sementara sejumlah target muncul di beberapa layar radar sehingga meningkatkan sensitivitas jaringan pertahanan udara.

“Dalam kondisi sensitif dan kritis sedemikian rupa, penerbangan 752 Airlines Ukraina lepas landas dari Bandara Imam Khomeini dan berputar, sehingga benar-benar berada pada posisi mendekati pusat militer sensitif pada ketinggian dan lintasan target musuh.

“Dalam keadaan seperti ini, pesawat itu secara tidak sengaja tertabrak akibat kelalaian manusia, yang sayangnya mengakibatkan kematian beberapa saudara setanah air dan sejumlah warga negara asing,” bunyi pernyataan itu.

Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 176 orang dalam penerbangan Ukraine International Airlines (UIA) itu meninggal akibat insiden yang terjadi beberapa saat setelah lepas landas dalam penerbangan dari Teheran menuju Kiev.

Presiden Iran Hassan Rouhani di Twitter menyatakan, “Republik Islam Iran sangat menyesali kelalaian yang menghancurkan ini. Pikiran dan doaku tertuju untuk semua keluarga yang sedang berduka. Saya mengucapkan belasungkawa yang tulus.” (mm/presstv)

DISKUSI: