Iran Nyatakan Ingin Jalin Hubungan Baik Dengan Saudi, UEA, Dan Bahrain

0
86

Doha, LiputanIslam.com – Republik Islam Iran mengaku berharap dapat memiliki hubungan baik dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, sembari menegaskan kembali dukungannya kepada Qatar dalam krisis hubungan negara ini tiga negara Arab jirannya itu.

“Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Qatar, Kuwait dan Oman, dan kami berharap juga memiliki hubungan yang sama dengan Arab Saudi, UEA dan Bahrain,” ungkap Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Jawad Zarif di sela-sela forum Dialog Kerja Sama Asia (Asia Cooperation Dialogue/ ACD) di Doha, ibu kota Qatar, Rabu (1/5/2019).

Saudi dan UEA menuduh Iran membantu kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman dan mengacaukan kawasan Timur Tengah dengan mendukung “organisasi teroris” dan mencampuri urusan internal negara-negara regional.

Di Manama, otoritas Bahrain menuding Teheran melatih elemen-elemen untuk membangkitkan kerusuhan di banyak wilayah yang mayoritas  penduduknya bermazhab Syiah, namun Teheran membantah keras tuduhan itu.

Hubungan antara Arab Saudi dan Iran telah terputus sejak Januari 2016, setelah eksekusi ulama Syiah Saudi Syeikh Nimr al-Nimr oleh otoritas Saudi memicu demonstrasi anti Saudi di Iran.

Kawasan Teluk juga dilanda krisis diplomatik lain sejak dua tahun lalu setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memboikot Qatar yang mereka tuding mensponsori kelompok-kelompok ekstremis di Timteng, dan Doha pun menepis tudingan ini.  Empat negara Arab itu juga mengecam kedekatan hubungan Qatar dengan Iran.

Teheran mendukung Doha dalam krisis ini sehingga menyuplai Qatar dengan kebutuhan pokok dan membantunya di bidang transportasi, setelah Saudi dan sekutunya itu mencegah Qatar melintasi zona udara mereka dan memberlakukan blokade ekonomi terhadap Qatar.

Javad Zarif mengatakan bahwa negaranya mengharapkan solusi untuk krisis ini.

“Kami menentang tekanan terhadap Qatar, dan kami masih percaya bahwa tekanan ini bertentangan dengan hukum internasional,” ungkapnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI: