Iran Imbau Negara-Negara Arab Bergabung dengan Latihan Militer Bersama Iran, Rusia, dan Cina

0
128

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Bersenjata Iran mengajak negara-negara Arab Teluk Persia bergabung dengan latihan militer laut bersama Iran, Rusia dan China pada babak mendatang.

“Kami percaya bahwa keamanan maritim adalah masalah yang memerlukan tindakan kolektif negara-negara yang memiliki kekuatan maritim,” ungkap komandan Angkatan Laut  Iran, Laksamana Hussein Khanzadi, pada konferensi pers saat mengumumkan berakhirnya latihan militer segi tiga di Samudra Hindia dan Laut Oman tersebut, Ahad (29/12/2019).

Khanzadi melanjutkan, “Kami mengimbau semua negara di kawasan ini untuk bergabung dengan kerja sama dan aliansi regional (yang terbentuk melalui latihan militer) ini dan membantu mendukung tingkat keamanan ini.”

Dia menyebutkan bahwa negara-negara sahabat Iran, termasuk di kawasan Teluk, akan menyambut baik langkah ini, “tapi mereka yang berusaha untuk menerapkan pengaturan keamanan buruk seperti AS dan para ekornya tidak akan senang dengan ini.”

Baca: Latihan Perang Iran-Rusia-Tiongkok, Apa Pesan di Baliknya?

Khanzadi menilai sudah berakhir “era AS dan ekornya datang dan berkeliaran di kawasan ini”, dan menegaskan “keharusan AS segera meninggalkan kawasan ini.”

“Selat Hormuz tidak memerlukan pasukan asing untuk membangun keamanan di dalamnya… Pasukan asing yang bercokoldi kawasan ini untuk mengacaukan keamanannya, harus mengemas peralatan mereka dan segera pergi… Kami siap bekerja dengan tetangga kami,” tegasnya.

Baca: Zarif : Latihan Perang Laut Bersama Iran, Rusia dan Cina Demi Keamanan Jalur Perairan Vital

Komandan Angkatan Laut Iran bersumbar bahwa negaranya “akan memotong kaki AS dari berbagai wilayah laut di dunia.”

Seperti diketahui, Iran, Rusia, dan Cina menggelar latihan militer bersama di Samudera Hindia dan Laut Oman pada  Jumat hingga Ahad (27-29/12/2019). (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI: