Iran Dilanda Dua Kebakaran Hebat, Termasuk Kapal Militer Terbesarnya hingga Tenggelam

0
219

Teheran, LiputanIslam.com –  Salah satu kapal terbesar milik Angkatan Laut Iran Iran bernama “Khark” tenggelam setelah dilalap api selama puluhan jam di dekat Pelabuhan Jask, Iran tenggara, Rabu (2/6).

Kepala Humas Distrik Angkatan Laut 1 Angkatan Bersenjata Iran, Behzad Jahanian, menyatakan bahwa kebakaran dimulai dari ruang mesin sehingga pasukan dievakuasi ke pantai dari lokasi kecelakaan dengan derek dan helikopter.

Pasukan ekspedisi berusaha memadamkan api kapal Khark selama 20 jam tanpa henti, tapi kobaran api sangat hebat sehingga separuh lambung kapal meleleh dan kemudian tenggelam.

Kapal Khark terbakar sejak Selasa pukul 11.00 kemarin dan tenggelam pada hari Rabu sekitar pukul 08.30 hari ini setelah upaya penyelamatannya gagal, dan 20 orang menderita luka ringan dalam insiden ini.

Kapal itu membawa 400 personel pada saat kecelakaan, termasuk personel pelatihan dan kru, dan semuanya selamat.

Kapal logistik berbobot 30.000 ton Khark adalah kapal logistik terbesar Iran dan kawasan sekitarnya setelah kapal Makran yang juga milik Iran. Kapal nahas ini sempat dikirim ke perairan internasional beberapa hari sebelumnya.

Kebakaran di Pabrik Petrokimia

Musibah kebakaran juga menimpa sebuah pabrik Iran di selatan Teheran. Dilaporkan bahwa asap tebal mengepul dari selatan Teheran hingga dapat dilihat bahkan dari bagian utara.

Menurut kepala manajemen krisis Teheran Mansour Darajati, salah satu pipa gas di salah satu pabrik petrokimia Teheran terbakar.

Pejabat itu mengatakan petugas pemadam kebakaran dari berbagai wilayah kota, dan juga pasukan lain telah dikirim ke lokasi untuk mengendalikan api.

Humas pabrik petchem Teheran menepis kemungkinan terjadinya sabotase dalam insiden tersebut. Insiden itu terjadi karena kesalahan dalam proses, dan satu orang menderita luka ringan dalam peristiwa ini.

Menurut Jalal Maleki, juru bicara petugas pemadam kebakaran Teheran, salah satu tanki gas di pabrik juga terbakar.

Seorang juru bicara dengan Penyulingan dan Distribusi Minyak Nasional Iran, mengatakan bahwa sebuah tanki bensin dengan kapasitas 20.000 barel terbakar dalam insiden itu dan tidak ada ledakan. (mm/mna)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei Balas Surat Ismail Haniyeh dan Ziyad Nakhalah,  Ini Isi Lengkapnya

DISKUSI: