Iran Dikabarkan Berencana Menyerang Pasukan AS Di Darat Dan Laut Timteng

0
57

NewYork, LiputanIslam.com – Harian Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa intelijen Amerika Serikat (AS) telah mengantongi informasi yang menyebutkan adanya rencana Iran untuk melancarkan serangan terhadap pasukan AS yang ditempatkan di Timur Tengah.

Sebagaimana diberitakan Rai al-Youm, Selasa (7/5/2019), harian yang bermarkas di New York, AS, itu mengutip pernyataan para pejabat AS bahwa intelijen negara ini mengungkapkan bahwa Iran “berencana untuk menyerang pasukan AS di Irak, dan mungkin pula di Suriah, serta mengatur serangan di Selat Bab al-Mandab dekat Yaman dengan menggunakan pasukan yang ada di sana, dan di Teluk Persi menggunakan pesawat nirawak bersenjata.”

WSJ menambahkan bahwa intelijen AS juga memiliki informasi lain yang menunjukkan adanya rencana Iran untuk menyerang pasukan AS yang bercokol di Kuwait, serta menekankan adanya bahaya darat dan laut dari Iran.

Sumber-sumber itu mengaku “terkejut dengan rencana Iran, yang menyebut AS sebagai target potensial.”

Surat kabar itu menyatakan bahwa tidak jelas apakah pembicaraan dalam intelijen ini berkenaan dengan rencana pasti Iran ataukah rencana yang implementasinya bergantung pada tingkat ketegangan dalam hubungan antara kedua negara.

Menurut sumber-sumber militer, kepala Komando Pusat AS, Jenderal Kenneth McKenzie telah meminta penambahan unit militer setelah mendapat informasi intelijen tentang ancaman Iran itu. Menanggapi hal ini, pemerintahan Presiden Trump berencana mengirim kapal induk dan 4- 6 pesawat pembom, dan tidak menutup kemungkinan juga akan mengerahkan sistem anti-rudal Patriot ke ke Timur Tengah.

Gedung Putih hari Minggu lalu menyatakan akan mengirim kapal induk dan pesawat pembom ke kawasan pantai Iran untuk memperingatkan Teheran ihwal konsekuensi dari setiap serangan terhadap kepentingan AS atau sekutunya. (mm/raialyoum)

DISKUSI: