Iran Bantah Tuduhan “Berulang” Saudi dan Sekutunya

0
49

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran membantah tuduhan “tak berdasar” dan “berulang” Komite Segi Empat Menteri Arab terkait dengan peranan regional Teheran.

Komite  yang terdiri dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir  itu mengeluarkan sebuah pernyataan anti-Iran usai  pertemuan ke-12 mengenai krisis hubungan mereka dengan Iran di Kairo pada Selasa lalu.

Mereka mengutuk apa yang mereka sebut “peran Iran dalam mengganggu keamanan dan stabilitas regional,” serta “berlanjutnya campur tangan Iran dalam urusan internal negara-negara Arab,  dan … pernyataan provokatif terus-menerus yang dibuat oleh para pejabat Iran.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi, membantahnya dengan mengatakan bahwa “upaya sia-sia” yang menyasar Republik Islam sejalan dengan “kesalahan politik lama yang sama.”

Baca: Dunia Arab Protes Janji Netanyahu untuk Merampas Lembah Yordan di West Bank

Dia juga mengaku prihatin atas sikap sebagian negara Teluk Persia  yang bukannya mengandalkan kekuatan mereka sendiri, tapi malah menelan mentah-mentah klaim pihak asing mengenai keamanan maritim regional.

Mousavi mengingatkan bahwa jalan salah yang diambil oleh beberapa negara Arab hanya akan menyulut masalah di  kawasan manakala rasionalitas dan realisme dibutuhkan.

Baca: Iran Sebut Retorika Kontroversial Netanyahu Hanya Kampanye Politik

Dia menyebutkan bahwa sebagian negara Arab itu gagal dalam kebijakan regionalnya dan tak mampu memahami realitas regional dan global.

Dia kemudian menegaskan kembali kedaulatan Iran atas tiga pulau Abu Musa, Tunb Besar Tunb Kecil yang terletak di Teluk Persia. (mm/presstv)

DISKUSI: