Iran Ancam Gempur Israel Secara Langsung

0
121

Teheran, LiputanIslam.com – Menteri Pertahanan Iran, Amir Hatami, mengancam Israel dengan serangan balasan secara langsung dan “menyakitkan” jika negara ilegal Zionis itu berani menyerang kapal tanker Iran demi menghentikan penjualan minyaknya, menyusul ancaman oleh Israel dan Amerika Serikat (AS) untuk melumpuhkan ekonomi Iran.

“Langkah seperti itu akan dianggap sebagai bentuk pembajakan,… kami akan merespons dengan tegas,” ujar Hatami, Rabu (13/3/2019).

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan bahwa Angkatan Laut Israel mungkin akan bergerak untuk menghentikan “penyelundupan minyak” Iran. Dia menyebut ekspor minyak Iran sebagai “operasi penyelundupan minyak”.

“Angkatan laut Israel dapat menghentikan penyelundupan minyak Iran jika perlu,” ancamnya.

Netanyahu Selasa lalujuga  mengatakan bahwa angkatan laut negaranya “dapat mengambil tindakan terhadap penyelundupan minyak Iran,” dan menyerukan kekuatan-kekuatan global agar menggagalkan segala upaya Teheran untuk berkelit dari sanksi AS.

Sementara itu, menurut kantor berita Fars, Angkatan Laut Iran menyatakan, “Sebuah kapal tanker minyak Iran diserang, pada Kamis pagi (pekan lalu), oleh kawanan perompak yang berada di 11 perahu dekat Selat Bab al-Mandab di Teluk Aden, tetapi berhasil diselamatkan oleh intervensi pasukan komando Angkatan Laut untuk melindungi kapal itu secara tepat waktu.”

Televisi Iran menayangkan rekaman Angkatan Laut yang menembaki perahu-perahu itu, dan mengkonfirmasi bahwa kapal tanker yang membawa lebih dari 150.000 ton minyak mentah terus berlayar dengan aman. (mm/raialyoum)

DISKUSI: