Iran Akan Gunakan Ansarullah Untuk Menyerang AS Di Dekat Selat Bab al-Mandeb

0
80

Moskow, LiputanIslam.com –  Delegasi Yaman pimpinan Mohammad Yahya Azzam, pendiri gerakan al-Shabab al-Mu’min” di Sa’dah dalam kunjungannya ke Moskow, Rusia, mengatakan kepada RT bahwa Iran bisa jadi akan menggunakan kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) untuk menyerang kepentingan Amerika Serikat (AS) di kawasan sekitar Selat Bab al-Mandeb.

Azzan membantah bahwa al-Shabab al-Mu’min berasal dari Ansarullah, sebab organisasi yang bergerak di bidang kebudayaan ini didirikan pada tahun 1990, sedangkan Ansarullah didirikan pada tahun 2001.

“Namun, boleh dikata bahwa Ansarullah secara intelektual dan kultural banyak menyerap dari al-Shabab al-Mu’min, mengingat keduanya berada di satu daerah yang sama, dan kami berkawan dengan Hosein al-Houthi,” lanjut Azzam.

Azzam menyampaikan dugannya bahwa Iran yang sedang mengalami eskalasi konflik dengan AS bisa jadi akan memanfaatkan Ansarullah untuk menghalangi lintasan kapal-kapal AS  di Selat Bab al-Mandeb. Dia berasalan bahwa Ansarullah memiliki pandangan yang sama dengan Iran mengenai jalur internasional, dan akan bergerak jika mereka dapat melakukannya. (mm/rt)

DISKUSI: