Ini Dia Laporan Al-Arabiya Soal Bocoran Baru “Perjanjian Abad Ini”

0
170

Washington,LiputanIslam.com –  Sumber-sumber diplomatik di Washington, AS, mengungkapkan beberapa rincian tentang apa yang akan dideklarasikan oleh Presiden AS Donald Trump pada minggu ini mengenai konflik Palestina-Israel.

Website Al-Arabiya mengutip keterangan beberapa sumber yang menyebutkan bahwa apa yang akan dilakukan Trump pada pekan ini ialah memberikan pengakuan atas “kenyataan” (de facto)  dan “aneksasi tanah demi  kebutuhan keamanan Israel.”

Sebagai kompensasinya, pemerintah AS  akan menyerukan dimulainya negosiasi antara Palestina dan Israel.

Menurut Al-Arabiya, semua informasi yang tersedia menegaskan bahwa pemerintah AS akan menerima aneksasi Israel atas permukiman Zionis Yahudi di Tepi Barat, dan menganggap bahwa de facto yang dipaksakan oleh rezim Zionis itu sejak menduduki Tepi Barat tidak dapat diganggu gugat lagi.

Baca:Rencana Kesepakatan Trump Terkait Palestina Bocor, Israel Tetapkan Status Siaga

Pemerintah AS telah mengkondisikan pengakuan ini beberapa minggu yang lalu ketika Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengumumkan bahwa pemerintahan Trump tidak menganggap pemukiman Israel sebagai pelanggaran hukum internasional.

Beberapa informasi menyebutkan bahwa AS tetap membuka pintu untuk mengakses dan mengakui negara Palestina, namun negara ini akan menjadi subjek negosiasi antara pihak Palestina dan Israel, dan itu hanya akan dapat diwujudkan di kawasan yang tersisa, setelah AS mengumumkan pengakuannya atas aneksasi lebih dari 50% tanah Tepi Barat oleh Israel.

Baca:Lieberman Sebut Pengumuman Deal of the Century akan Amankan Kepentingan Politik Netanyahu

“Kesepakatan Abad Ini” (Deal of The Centry) secara hukum akan mengikat pemerintah AS, terutama yang ada saat ini, namun tidak sampai pada level perjanjian. (mm/raialyoum)

DISKUSI: