Hizbullah Kutuk Pembunuhan Aktivis Syiah Kontra-Hizbullah

0
54

Luqman Salim, aktivis Syiah kontra-Hizbullah di Libanon

Beirut, LiputanIslam.com – Kelompok pejuang Hizbullah Libanon mengutuk pembunuhan aktivis Syiah kontra Hizbullah Luqman Salim, 59 tahun, dan mendesak badan-badan penegak hukum dan keamanan terkait agar menyelidiki, menangkap, dan mengadili pelakunya.

Dalam sebuah pernyataannya, Kamis (4/2), kelompok itu menegaskan, “Hizbullah mengutuk pembunuhan aktivis politik Luqman Salim… Hizbullah meminta badan-badan pengadilan dan keamanan terkait bertindak cepat mengungkap dan menghukum para pelakunya, serta memerangi kejahatan yang bergerak di lebih dari satu kawasan di Libanon serta apa yang menyertainya berupa eksploitasi politik dan media atas nama keamanan dan stabilitas dalam negeri.”

Luqman terbunuh setelah dinyatakan hilang selama beberapa jam. Mayatnya ditemukan dalam mobil dengan luka tembakan di bagian kepala di kawasan Al-Zahrani, Libanon selatan.

Peristiwa ini memicu propaganda yang menyudutkan Hizbullah dari kelompok-kelompok media dan politik kontra-Hizbullah agar Hizbullah menjadi sasaran tuduhan sebagaimana pernah terjadi dalam tragedi ledakan dahsyat di Pelabuhan Beirut.

Luqman yang kritis terhadap Hizbullah adalah pendiri dan pengawas sejumlah yayasan yang bergerak di bidang kajian dan HAM, serta diketahui menjalin hubungan erat dengan kegiatan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Libanon di Beirut, serta terkait dengan berbagai kegiatan kedutaan besar ini.

Karena itu, Duta Besar AS Dorothy Shea juga mengaku mengutuk pembunuhan itu dengan menyebutnya sebagai serangan terhadap Libanon serta prinsip demokrasi dan kebebasan berekspresi, dan meminta penyelidikan secepatnya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hizbullah Ledakkan Drone Militer Israel di Angkasa Libanon

[Video]: Hizbullah Jatuhkan dan Kuasai Drone Pengintai Israel di Libanon

DISKUSI: