Hamas Siapkan Kejutan untuk Perang Mendatang dan Pasang Ratusan Roket di Perbatasan

0
158

Quds, LiputanIslam.com   Media resmi Israel melaporkan bahwa Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) telah menyiapkan kejutan untuk perang mendatang melawan Israel.

Saluran TV Kan pada Rabu malam (17/8) menyebutkan Hamas mendirikan “sabuk keamanan” yang sangat ketat di perbatasan Gaza, dan menempatkan sekitar setengah dari unit pasukan roketnya di sana dengan tujuan menembakkan ratusan roket ke Israel setiap hari selama sebulan penuh.

“Hamas memiliki sekitar 10.000 roket, dengan perkiraan setengahnya berada di area yang sama. Sabuk keamanan itu terletak di area terbuka antara pagar perbatasan dengan Israel dan garis pertama rumah warga Palestina, di sepanjang Jalur Gaza – dari utara ke selatan, ” ungkap Kan.

Media Israel itu mengklaim bahwa peluncur roket terpasang di lubang sedalam setengah meter, yang semuanya terhubung ke sistem peluncuran Hamas, yang diaktifkan dari jarak jauh.

“Hamas menggunakan daerah itu  untuk menempatkan setengah dari jangkauan roketnya, sebab itu adalah area terbuka yang mudah dioperasikan, jauh dari penduduk, dan disamarkan di bawah tanaman dan ladang pertanian,” lapor Kan.

Menurut media ini, faktor yang mengarahkan Hamas di bidang produksi roket adalah espektasi untuk mencapai kemampuan meluncurkan ratusan roket ke Israel setiap hari selama sebulan penuh.”

Terakhir kali faksi-faksi Palestina di Gaza menguji kemampuan sistem roket yang mereka miliki adalah selama operasi militer bersandi “Penjaga Pagar” yang dilancarkan Israel di Jalur Gaza pada Mei 2021, ketika sekitar 4000 roket ditembakkan ke Israel dari Gaza hanya dalam kurun waktu 11 hari.

Puncaknya adalah pada hari kedua operasi, ketika 480 roket ditembakkan ke pemukiman dan kota-kota Israel.

Selama hari-hari berikutnya, jumlahnya berkurang menjadi 250-400 roket per hari.

Sebagai perbandingan, selama 51 hari Operasi Cast Lead (Desember 2008-Januari 2009), sekitar 4.600 roket dan mortir ditembakkan ke Israel. Menurut saluran Kan, rekor harian adalah 195 peluncuran pada hari ketiga operasi tersebut. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Langka, Sekutu Hizbullah Publikasikan Video Ancaman untuk Israel

Analis Zionis Sebut Jihad Islam akan Jadi Lawan Berat Israel

DISKUSI: