Foto: Kaum Muslim Sunni Iran Gelar Bukber Akbar

0
312

AlQala, LiputanIslam.com –   Sebuah pemandangan religius menarik terlihat di Iran ketika warga Sunni yang merupakan minoritas di negara republik Islam ini menggelar acara buka puasa akbar beberapa waktu lalu.

Dalam peristiwa unik yang terjadi pada 26 Juli 2019 warga Sunni di bagian utara Iran, tepatnya di kota Al-Qala provinsi Golestan yang beberapa waktu lalu dilanda banjir, itu mereka menggelar karpet dan taplak makan sepanjang 1000 meter untuk menampung sekira 4000 penduduk.

Menariknya lagi, buka bersama superkolosal itu diselenggarakan untuk menandai peringatan kesyahidan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, yang merupakan khalifah keempat di antara Khulafa Rasyidin yang dihormati oleh umat Islam Ahlussunnah, serta imam pertama umat Islam Syiah.

Acara ini diinisiasi dan disponsori ooleh kantor perwakilan  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei dalam urusan Sunni di utara negara itu, Kantor Gubernur dan lembaga negara lainnya di Aq-Qala serta beberapa asosiasi amal.

Acara itu digelar juga dengan membawa sebuah tema, yaitu “Persatuan, hubungan baik, dan empati.”

Al-Qala terletak 15 kilometer di utara ibukota provinsi Gorgan. Kota ini dilanda banjir besar beberapa bulan lalu. Saat itu sebagian besar kota yang mayoritas penduduknya bermazhab Sunni, yang sebagian besar penduduknya adalah warga etnis Turkmen, tergenang banjir. (mm/ifp)

DISKUSI: