Erdogan Kecam Eropa Dan Sebut El-Sisi Sosok Pembantai

0
85

Ankara, LiputanIslam.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melontarkan kecaman sengit terhadap Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, menyebutnya sebagai pelaku pembantaian, dan menegaskan penolakannya terhadap rekonsiliasi dengan el-Sisi.

Seperti dikutip kantor berita resmi Turki, Anadolu, Erdogan dalam pidatonya di Ankara, ibukota Turki, pada Rabu malam (13/3/2019), mengecam partisipasi para pemimpin Eropa dalam pertemuan puncak di Sharm el-Sheikh, Mesir, dan penjatuhan vonis-vonis hukuman mati pengadilan Mesir belakangan ini terhadap sekelompok orang.

“Kematian para pemuda itu tidak mempengaruhi hati mereka,” ujar Erdogan.

Dia juga menyoal, “Baru-baru ini, sembilan anak muda telah dieksekusi, dan sekarang saya berteriak dari sini, Barat, Eropa, di mana larangan kalian atas penerapan hukuman mati ini?” “

Dia menanbahkan, “Bagaimana kalian dapat memenuhi udangkan el-Sisi, sementara eksekusi dilarang di Uni Eropa? Dan dia juga merupakan pelaku pembantaian. ”

Erdogan menuduh para pemimpin Eropa tidak jujur dan bukan demokrat sejatin sembari mengatakan bahwa jika mereka memang demikian niscaya tidak memenuhi undangan el-Sisi.

Mengenai usulan agar Erdogan menjalin rekonsiliasi dengan el-Sisi dia mengatakan, “Ada banyak yang menginginkan rekonsiliasi saya dengan Sisi, tetapi saya selalu menolaknya dan tetap akan menolaknya. Mengapa? Karena saya tidak akan duduk di meja yang sama dengan orang yang anti-demokrasi, yang memenjarakan (mantan Presiden Mesir Mohamed) Morsi yang didukung oleh 52 persen rakyatnya, serta memenjarakan rekan-rekannya.” (mm/raialyoum)

DISKUSI: