Erdogan Angkat Lagi Kasus Pembunuhan Khashoggi

0
72

Istanbul, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali mengangkat kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi di Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Erdogan dalam pidatonya pada sebuah acara sambutan bulan suci Ramadhan di Istanbul, Sabtu malam (11/5/2019), mengangkat kasus itu setelah menyoal kepada Saudi, “Mana keadilan kalian?”  Dia juga menyebutkan, “Saudi pernah mengatakan, ‘ kami akan melakukan apa yang diperlukan, Anda jangan khawatir’.”

Presiden Turki melanjutkan, “Belum ada suara atau sikap (dari Riyadh) terhadap para staf yang dikirim oleh Arab Saudi (ke Istanbul) terkait dengan kejahatan pembunuhan Khashoggi.”

Erdogan menjelaskan, “Arab Saudi melakukan pembantaian dengan mengirim 11 pejabat ke Turki dan kemudian ternyata jumlahnya 25. Sejauh ini Barat juga belum mengambil  sikap apa pun mengenai pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi dan kami diberitahu berulang kali bahwa tidak perlu khawatir. Barat gagal dalam ujian kejujurannya pada kasus pembantaian Khashoggi.”

Erdogan kemudian mengecam serangan Israel terhadap gedung kantor berita Turki, Anadolu, di Gaza dalam peristiwa perang Gaza-Israel pada 4-5 Mei lalu.

Dia menyebut negara Zionis ini memanfaatkan kebungkaman khalayak internasional hingga tak segan-segan “mengebom media dan lembaga bantuan serta kantor berita Anadolu, karena Israel tak ingin ada yang memberi tahu dunia tentang realitas tindakannya.” (mm/alalam)

DISKUSI: