Dikunjungi Wakil Ketua DPR RI, Iran Nyatakan Siap Gunakan Mata Uang Lokal dalam Perdagangan

0
239

Teheran, LiputanIslam.com  Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Diplomasi Ekonomi Mehdi Safari mengatakan negara ini siap menggunakan mata uang lokal dalam perdagangan dengan Indonesia.

Hal itu disampaikan Mehdi Safari dalam pertemuan dengan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan, Rachmat Gobel, di Teheran, Sabtu (7/5).

Gobel mengatakan bahwa kunjungannya ke Teheran bertujuan menindaklanjuti kesepakatan dan kesepahaman yang dicapai oleh pejabat kedua negara, dan menekankan pentingnya peningkatan hubungan Iran-Indonesia sebagai dua negara penting pada dua kawasan strategis.

Terkait dengan kemampuan iptek Iran, Gobel mengumumkan kesiapan DPR RI mengembangkan kerjasama dengan Iran, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.

Sementara itu, mengacu pada hubungan persahabatan antara Iran dan Indonesia,  Mehdi Safari menjelaskan potensi dan kemampuan Iran di bidang nanoteknologi, bioteknologi, transit, jaringan kereta api dan sumber daya mineral dan energi, serta menyerukan fokus pada peningkatan hubungan.

Dia menekankan kemungkinan peningkatan volume hubungan perdagangan antara kedua negara dan menyebut pelabuhan Chabahar Iran sebagai titik transit penting dan aman untuk ekspor Indonesia dan kemungkinan peningkatan ekspor ke negara-negara di kawasan, termasuk Asia Tengah dan Kaukasus melalui pelabuhan tersebut.

Safari juga menyatakan kesiapan Teheran untuk menggunakan mata uang lokal dalam perdagangan dengan Indonesia. (mm/mna)

DISKUSI: