Brigade Al-Quds Palestina: Rudal “Badr-3” Melesat Berkat Dukungan Iran

0
389

Gaza, LiputanIslam.com – Sayap  militer gerakan Jihad Islam, Brigade al-Quds, menegaskan bahwa penggunaan rudal “Badr 3” dalam konfrontasi Gaza-Israel pada 4-5 Mei lalu menunjukkan pesatnya perkembangan industri militer Kubu Resistensi di Jalur Gaza, dan semua ini terjadi berkat dukungan Republik Islam Iran.

Dalam pidato yang disiarkan saluran TV Palestine Today, Rabu (8/5/2019), juru bicara Brigade al-Quds Abu Hamzah menegaskan, “Perkembangan kemampuan industri militer ini tidak akan terjadi tanpa dukungan kepada Kubu Resistensi, terutama dari Republik Islam Iran, yang tak pernah meninggalkan kami barang sehari di semua bidang.”

Dia menambahkan, “Pengoperasian rudal Badr 3 membuktikan perkembangan luar biasa dalam kemampuan manufaktur militer di Brigade al-Quds.”

Abu Hamzah juga mengatakan, “Dalam pertempuran kita menyaksikan prestasi-prestasi di lapangan, dan ini juga tidak mungkin terwujud tanpa adanya pusat kolektif dan komunikasi antara Brigade al-Quds dan Brigade al-Qassam pra-eskalasi, demikian pula koordinasi dan kerja sama yang ada antara keduanya dalam kejadian.”

Mengenai serangan Israel dia mengatakan, “Serangan Israel ke rumah-rumah penduduk menunjukkan kepanikan musuh dan kelemahannya dalam berhadapan dengan Kubu Resistensi di medan pertempuran.”

Jalur Gaza diwarnai eskalasi militer sejak Sabtu pagi lalu (4/5/2019), ketika tentara pendudukan Israel melancarkan serangan udara dan artileri berat ke berbagai sasaran di Jalur Gaza, sementara faksi-faksi pejuang Palestina di Gaza menembakkan banyak roketnya ke Israel selatan.

Menurut Departemen Kesehatan Palestina di Gaza, serangan Israel menggugurkan 27 warga Palestina, termasuk 4 wanita, 2 janin, 2 bayi dan satu anak, serta   melukai 154 warga Palestina lainnya.

Salah satu pejuang Palestina yang gugur terkena serangan udara Israel adalah Hamed Ahmed Al-Khodari, seorang komandan Hamas. Militer Israel menyatakan bahwa Al-Khodari adalah sosok yang bertanggungjawab menyalurkan bantuan Iran kepada para pejuang Palestina di Jalur Gaza.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) memublikasi video serangan udaranya terhadap sebuah mobil yang dikendarai Al-Khodari di sebuah jalan di kawasan yang padat bangunan.

Di pihak lain, menurut media Israel, empat warga Zionis tewas dan sedikitnya 130 orang terluka akibat gempuran roket Palestina yang diluncurkan dari Jalur Gaza.

Menurut channel al-Aqsa, situasi di Jalur Gaza kembali tenang namun dengan status waspada pada hari Senin (6/5/2019), menyusul pengumuman gencatan senjata antara Gaza dan Israel yang diprakarsai Mesir dan pihak internasional.(mm/railayoum)

DISKUSI: