Bersitegang Dengan Iran, AS Kirim Pesawat Pembom B-52 Ke Teluk Persia

0
125

Washington, LiputanIslam.com – Amerika Serikat (AS) mengaku akan mengirim beberapa pesawat pembom B-52 ke Teluk Persia untuk mencegah serangan apa pun yang diklaimnya bermungkinan sedang dipersiapkan oleh Iran.

Kementerian Pertahanan AS Pentagon, Selasa (7/5/2019), menjelaskan bahwa pengerahan mesin perang itu dibenarkan oleh “indikasi jelas belakangan ini bahwa pasukan Iran dan mitranya sedang bersiap untuk melakukan kemungkinan serangan terhadap pasukan AS.”

Penasihat keamanan nasional John Bolton hari Minggu lalu mengumumkan pengerahan kapal induk serta satuan-satuan angkatan udara dan angkatan lautnya di wilayah Teluk Persia.

Pembom B-52 adalah pesawat berukuran besar dengan jarak terbang yang jauh serta mampu membawa rudal jelajah dan bom nuklir.

Presiden AS Donald Trump pada 8 Mei 2018 menarik negaranya dari perjanjian nuklir yang diteken Iran dengan sejumlah negara besar dunia pada tahun 2015. Trump berdalih bahwa perjanjian yang diberi nama JCPOA ini terlalu lunak bagi Iran.

Sejak itu, Trump terus memperkuat “kampanye untuk mengerahkan tekanan maksimum” terhadap Iran, meskipun bertentangan dengan sikap negara-negara sekutunya sendiri di Eropa yang ingin tetap konsisten kepada JCPOA. (mm/railayoum)

DISKUSI: