Bekerjasama dengan Korsel, Mesir Berencana Membuat Jet Tempur Pertama Kali

0
88

Kairo, LiputanIslam.com   Bekerja sama dengan Korea Selatan, Mesir berencana memroduksi jet tempur pertama dalam sejarahnya. Mesir bermaksud memproduksi T-50 Mesir-Korea, karena akan membangun model bersenjata untuk model unik ini.

Mesir sedang berupaya memproduksi 100 pesawat latih jenis ini, dan bahkan mengekspornya di masa mendatang.

Organisasi Arab untuk Industrialisasi menandatangani perjanjian dengan Perusahaan Industri Dirgantara Korea Selatan, KAI, untuk produksi lokal pesawat latih canggih ini di Mesir.

Ketua Dewan Direksi perusahaan Mesir, Mokhtar Abdel Latif, mengaku telah bertemu dengan delegasi tingkat tinggi dari Seoul, termasuk anggota parlemen dan pejabat senior di industri penerbangan, KAI dan Perusahaan Luar Angkasa Mesir.

Menurutnya, mereka membahas produksi pesawat yang akan memenuhi kebutuhan tentara Mesir, dan juga akan ditawarkan untuk diekspor ke negara-negara Arab dan Afrika.

Pesawat itu akan diproduksi di pabrik Helwan, di mana model latih K-8E China sebelumnya diproduksi di bawah lisensi Angkatan Udara Mesir.

Situs Israel Defense menyebutkan  bahwa T-50 Mesir-Korea adalah pesawat yang sangat canggih, Mesir akan membangun model bersenjata untuk itu, dan bukan hanya model pelatihan, karena pesawat ini memiliki kemampuan perang dalam model FA-50-nya. (mm/raialyoum)

 

DISKUSI: