Barat Sibuk Urusan Ukraina,  Israel Cari Perhatian dengan Berlagak Siap Gempur Iran

0
36

Quds, LiputanIslam.com  Saluran Kan yang berbasis di Israel menyatakan bahwa semua latihan militer yang dilakukan oleh Israel hanyalah omong kosong belaka ketika Israel sedang kesepian akibat tersitanya perhatian negara-negara Barat kepada urusan perang di Ukraina.

Menyinggung ketegangan Israel dengan Iran, kesiapan Israel berperang dengannya, dan laporan terbaru mengenai pengayaan uranium Iran, Kan menyatakan, “Tak ada yang baru dalam ketegangan yang terjadi pada pekan ini.”

Mengenai kunjungan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz ke Amerika Serikat (AS) dan kunjungan lain ke Israel oleh komandan Komando Pusat Angkatan Darat AS, Kan mencatat “tak ada perubahan mendasar yang nyata.”

Kan menyatakan; “Yang benar adalah bahwa Iran mengalami kemajuan dalam jumlah pengayaan uranium, tapi masih jauh dari bom, meski ada pernyataan yang dikeluarkan oleh Israel bahwa ada kemajuan dalam pengayaan itu.”

Media Israel ini juga menyebutkan bahwa mengenai kesiapan Israel pun “juga tak ada sesuatu yang baru”.

“Ini berarti bahwa tentara Israel telah mempersiapkan rencana untuk Iran sejak 2007, dan mereka sedang berlatih pada tingkat ini atau itu, dan pada minggu ini dalam kerangka latihan militer staf-staf angkatan bersenjata… Tapi sekali lagi, ini omong belaka,” lanjutnya.

Kan menjelaskan, “Pada tingkat kesiapan, Israel tidak boleh melampaui apa yang direncanakan di masa lalu, yaitu koordinasi dengan AS. Mengenai latihan, Israel ingin menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan ini, baik kepada Israel sendiri maupun kepada para mitranya. Tetapi sebenarnya Israel tak berniat apa-apa.”

Media ini melanjutkan, “Minggu ini kita bukan melihat indikasi bahwa Israel bermaksud melakukan hal lain, melainkan sekedar ingin mengatakan bahwa kami di sini, jangan lupakan kami, karena kalian disibukkan oleh Rusia dan Ukraina.”

Menurut Kan, sepulang dari kunjungan ke AS, Menhan Israel Benny Gantz  menyadari bahwa dunia sekarang sedang disibukkan oleh urusan lain, yaitu Ukraina, sedangkan yang berurusan dengan Iran sekarang hanyalah Israel sehingga Israel melakukan latihan perang sebagai peringatan kepada dunia bahwa Israel punya kekuatan.

Komentator untuk urusan militer di saluran yang sama mengatakan, “Tidak semua orang di lembaga keamanan Israel percaya bahwa Israel dapat menghancurkan fasilitas nuklir di Iran sendirian, baik sekarang maupun beberapa tahun lagi. Israel bahkan mungkin tidak memiliki kemampuan untuk melakukan itu, dan jawabannya mungkin negatif.” (mm/almayadeen)

DISKUSI: