Babak Belur Digempur Yaman, Pertahanan Saudi akan Diperkuat oleh AS

0
351

Washington, LiputanIslam.com –  Amerika Serikat (AS) akan mencari cara untuk meningkatkan dukungannya bagi pertahanan Arab Saudi di depan serangan “pemberontak Houthi (Ansarullah – red.)” Demikian dikatakan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam jumpa pers, Senin (8/3).

“Kami memahami bahwa mereka (Saudi) menghadapi ancaman keamanan sebenarnya dari Yaman dan lainnya di kawasan”, kata Psaki.

Dia menambahkan, “Sebagai bagian dari proses antarlembaga kami, kami akan mencari cara untuk meningkatkan dukungan bagi kemampuan Arab Saudi mempertahankan wilayahnya dari ancaman.”

Psaki menyatakan AS khawatir terhadap meningkatnya serangan yang dilakukan oleh Ansarullah yang,  menurutnya, selama ini mengaku serius mengharapkan perdamaian.

“Serangan itu tidak bisa diterima dan berbahaya”, tandasnya.

Psaki memastikan negaranya terus bekerjasama erat dengan pemerintah Saudi terkait dengan ancaman yang sering dihadapi negara kerajaan itu dari serangan sedemikian rupa.

“Kami terus khawatir dengan frekuensi serangan Houthi di Arab Saudi. Meningkatnya serangan seperti ini bukanlah tindakan kelompok yang serius tentang perdamaian,” tegasnya.

Koalisi yang dipimpin Saudi mengaku berhasil mencegat sebagian besar drone dan rudal Ansarullah yang melesat ke arah target masing-masing pada pada Ahad lalu, dan tidak ada korban maupun kerugian properti akibat serangan itu.

Dilaporkan bahwa target-target ialah tempat penyimpanan minyak di Ras Tanura, situs kilang dan fasilitas pemuatan minyak lepas pantai terbesar di dunia, dan kompleks perumahan di Dhahran yang digunakan oleh perusahaan raksasa minyak Saudi Aramco. (mm/reuters)

DISKUSI: