Ayatullah Sistani Kembali Serukan Perlawanan Terhadap Perusuh di Irak

0
179

Karbala, LiputanIslam.com –  Ulama terkemuka Irak Grand Ayatullah Sayid Ali Sistani kembali menyerukan kepada para demonstran di Irak agar tidak terjebak kepada aksi kekerasan dan kerusuhan.

Melalui wakilnya di kota Karbala, Abdul Mahdi al-Karbalai, Ayatullah Sistani pada momen shalat Jumat (6/12/2019), mengatakan bahwa gerakan rakyat seperti yang terjadi di Irak belakangan ini merupakan gerakan yang efektif untuk menekan pemerintah agar menjalankan reformasi secara kongkret, namun para pengunjuk rasa jangan sampai melakukan tindakan kekerasan dan anarki.

Ayatullah Sistani mengingatkan bahwa aksi demikian justru mengusik solidaritas mereka, dan karena itu mereka hendaknya tidak memperkenankan para perusuh menyusup dan menunggangi unjuk rasa dengan menyerang aparat keamanan dan merusak fasilitas umum dan properti masyarakat.

Baca: Aksi Massa Terbaru di Baghdad Usung Slogan: “Mampus Amerika!”

Dia menyebutkan bahwa mendukung aparat keamanan merupakan kewajiban bagi semua orang, sebagaimana aparat juga berkewajiban melindungi para pengunjuk rasa. Dia mendesak supaya para pelaku kejahataan diproses secara hukum.

Ayatullah Sistani juga menyerukan kepada pihak-pihak asing agar tidak menunggangi aksi rakyat Irak untuk tujuan-tujuan tertentu yang tidak sesuai dengan norma bangsa negara ini.

Baca: Usai Najaf, Konsulat Iran di Karbala Kembali Terbakar

Ayatullah Sistani menegaskan bahwa setelah Adel Abdul-Mahdi mengajukan pengunduran dirinya seminggu yang lalu perdana menteri baru harus dipilih “tanpa campur tangan asing” dan bersih dari politik partisan. (mm/alalam/presstv)

DISKUSI: