Ayatullah Khamenei akan Sampaikan Pidato pada Hari Quds Internasional

0
276

Teheran, LiputanIslam.com –    Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei akan menyampaikan pidato televisi pada peringatan Hari Quds Internasional yang akan jatuh pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan, 7 Mei.

Wakil Ketua Dewan Koordinasi Media Islam di Iran, Nusratallah Lutfi, dalam jumpa pers, Senin (3/5), menyatakan bahwa karena pawai dan rapat akbar tak dapat diselenggarakan untuk menandai peringatan tersebut akibat pandemi Covid-19 maka sebagai gantinya Ayatullah Khamenei akan menyampaikan pidato khusus pada pukul 11.00 waktu setempat  di hari Jumat mendatang.

Pada kesempatan itu Ayatullah Khamenei akan menyampaikan pidato langsung kepada umat Islam di seluruh dunia, khususnya bangsa Iran sendiri, dan akan disiarkan langsung di televisi dan radio Iran.

Hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan setiap tahun diperingati sebagai Hari Quds Internasional, yang biasanya ditandai dengan pawai unjuk rasa dan seminar-seminar anti Zionis Israel. Di hari itu umat Islam di pelbagai penjuru dunia, khususnya Iran, menggemakan prinsip dan slogan penolakan mereka terhadap pendudukan kaum Zionis atas Quds dan tanah Palestina.

Peringatan ini diselenggarakan di pelbagai negara dunia atas gagasan Imam Khomaini, pendiri Republik Islam Iran, pada Agustus 1979 untuk menjadikan hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan sebagai  Hari Quds Internasional.

Sayangnya, pada tahun ini dan satu tahun sebelumnya, umat Islam di berbagai negara dunia tak dapat menyelenggarakan peringatan itu dalam bentuk aksi unjuk rasa demi menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19. Meski demikian, mereka masih dapat memperingatinya dengan menggelar pertemuan-pertemuan atau mengungkapkan ekspresi mereka secara online. (mm/alalam)

DISKUSI: