Ansarullah Siarkan Dokumentasi Gambar Operasi Militernya di Jizan, 70 Pasukan Bayaran Saudi Tewas

0
405

Sanaa, LiputanIslam.com –   Pasukan Ansarullah (Houthi) Yaman memublikasi dokomentasi gambar-gambar operasi militernya yang dilancarkan secara meluas di provinsi Jizan di bagian selatan Arab Saudi.

Dokumentasi foto dan video itu memperlihatkan keberhasilan pasukan Ansarullah menguasai posisi-posisi Saudi yang ternyata diisi terutama oleh pasukan bayaran dari Sudan.

Disebutkan bahwa operasi masif itu menyasar puluhan posisi pasukan bayaran Saudi di tiga pegunungan, yaitu Al-Dud, Al-Ramih dan Jahfan di Jizan.

Kepada saluran Al-Masirah milik Ansarullah sumber militer  Yaman dalam keterangannya yang disertai dokumentasi gambar, Senin (31/5), menyebutkan rincian antara lain sebagai berikut;

– Pasukan melancarkan operasi militer itu secara serempak di tiga jalur utama di mana mereka menyapu dan menguasai secara penuh lebih dari 30 posisi.

– Mereka berhasil menghalau pasukan bayaran asal Sudan dari semua posisi itu dan menimpakan kerugian besar pada pihak lawan.

– 32 kendaraan militer Saudi hancur dalam serangan pasukan Ansarullah.

–  Lebih dari 70 pasukan bayaran yang sebagian besar di antaranya berasal dari Sudan tewas.

– Pasukan lawan kabur secara massal sehingga ditembaki oleh pesawat udara Saudi sendiri.

Publikasi dokumentasi gambar itu dilakukan dua hari setelah pasukan Ansarullah juga menggempur pasukan Saudi dalam serangan yang juga didokumentasikan dan memperlihatkan keringkihan pasukan Saudi.

Mengomentari keraguan dan  bantahan pihak lawannya terkait dengan operasi militernya, Dewan Tinggi Politik Yaman Mohammad Ali Al-Houthi mengatakan, “Pemandangan operasi Jizan telah sedemikian menakutkan kalian sehingga akal kalian tak dapat menangkap faktanya.” (mm/alalam)

Baca juga:

Ansarullah Yaman Serang Pangkalan Udara Saudi dengan Dua Drone

DISKUSI: