Ansarullah Nyatakan Tak Ada Negosiasi Rahasia dengan Arab Saudi

0
84

Sanaa, LiputanIslam.com –  Gerakan Ansarallah (Houthi) di Yaman mengecam Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi dan pemerintahan Presiden Yaman ‘Abd Rubbah Mansour Hadi, dan memastikan tak ada negosiasi rahasia Ansarullah dengan Saudi.

“Upaya mediasi yang dipimpin oleh Utusan Khusus PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, dengan Arab Saudi telah menemui jalan buntu,” ungkap petinggi Ansarullah Mohammad Ali Al-Houthi  dalam wawancara dengan Al-Jazeera, Selasa (18/8/2020).

Dia menganggap Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) menghalangi perdamaian di Yaman dengan cara terus melancarkan serangan ke Yaman, dan di saat yang sama malah berdamai dengan Israel.

Al-Houthi mengingatkan bahwa apa yang terjadi dengan Arab Saudi tidaklah berarti negosiasi.

“Beberapa poin dibicarakan atau dikonsultasikan, dan Arab Saudi menggunakan masalah demikian untuk menyesatkan dunia bahwa ada pembicaraan rahasia, sementara mereka terus memerangi rakyat Yaman, yang telah mencapai titik kelaparan,” terangnya.

Anggota Dewan Tinggi Politik Yaman kubu Ansarullah ini menambahkan, “Sama sekali tak ada negosiasi rahasia dengan Arab Saudi, dan jika ada negosiasi maka akan kami tunjukkan kepada dunia, kami tidak memiliki agenda apapun untuk ditakuti. Yang kami miliki hanyalah plafon nasional yang dapat kami bicarakan di depan semua orang, kami bukan agen sehingga kami pergi ke negosiasi secara rahasia. Jika ada negosiasi yang nyata, kami akan mengumumkannya. Ada beberapa kontak untuk kepentingan kesepahaman, tapi itu tidak berarti negosiasi.”

Menanggapi pertanyaan mengenai serangan lagi Ansarullah ke Saudi, dia menegaskan bahwa serangan ke Saudi bukanlah agresi, melainkan upaya mencegah serangan Saudi ke Yaman.

“(Ini merupakan) perang terbuka dengan Arab Saudi, jika agresinya tak berhenti dan jika terus berlanjut dalam perang, maka pencegahan akan berlanjut,” tegasnya. (mm/aljazeera)

Baca juga:

Jenderal Loyalis Hadi Tewas dalam Pertempuran dengan Ansarullah

Diamuk Pasukan Ansarullah, Begini Nasib Al-Qaeda dan ISIS di Yaman

DISKUSI: