Ansarullah Lanjutkan Serangannya ke Wilayah Saudi

0
638

Sanaa, LiputanIslam.com –   Juru bicara militer Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree menyatakan pihaknya kembali melancarkan serangan ke pangkalan udara militer di kota Khamis Mushait di bagian selatan Arab Saudi.

“Pasukan drone baru saja melancarkan operasi serangan terhadap Pangkalan Udara King Khalid di Khamis Mushait dengan drone jenis Qasif K2, dan tepat mengena sasarannya,” ungkap Saree di Twitter, Rabu (28/4).

Di pihak lain, Saudi sebelumnya mengaku sistem pertahanan udaranya telah mencegat dan menghancurkan satu drone yang dilesatkan ke wilayah Saudi.

Koalisi militer pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman sejak Maret 2015 untuk memerangi Ansarullah setelah kelompok yang didukung Iran ini berhasil menggerakkan unjuk rasa akbar rakyat Yaman yang berujung tergulingnya pemerintahan Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung Saudi dan jatuhnya Sanaa, ibu kota Yaman, ke tangan Ansarullah dan sekutunya.

Meski sudah lebih dari enam tahun diperangi  oleh pasukan koalisi yang dipimpin Saudi, Ansarullah tetap menguasai sebagian besar Yaman utara, melanjutkan serangannya ke Arab Saud  bersamaan dengan gerak maju operasi militernya untuk merebut kota dan provinsi Ma’rib yang kaya minyak, sementara Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengupayakan kesepakatan gencatan senjata. (mm/raialyoum)

DISKUSI: