Ansarullah Dikabarkan Mengadakan Pembicaraan Rahasia dengan Para Pejabat Saudi

0
69

Sanaa, LiputanIslam.com –  Sebuah sumber yang dekat dengan kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman menyatakan bahwa Ansarullah telah mengadakan pembicaraan rahasia dengan pemerintah Arab Saudi dengan tujuan menyudahi perang di Yaman.

Sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu mengatakan kepada kantor berita Jerman, DPA, Kamis (7/11/2019), bahwa sedang terjadi pembicaraan “rahasia” para petinggi Ansarullah dengan para petinggi Arab Saudi melalui perantara di Muscat, ibu kota Oman.

Sumber itu menjelaskan bahwa Amerika Serikat (AS), Utusan Khusus PBB Martin Griffiths, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, adalah pihak yang memediasi perundingan tersebut.

“Ada beberapa perkara yang telah ditentukan dalam perundingan ini demi mencapai solusi final bagi krisis Yaman,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa perundingan itu dilakukan bahwa sejak Mahdi al-Mashat Ketua Dewan Tinggi Politik Yaman yang berafiliasi dengan Ansarullah pada September lalu menggulirkan secara sepihak inisiatif penghentian serangan drone dan rudal balistik serta berbagai serangan Ansarullah lainnya ke wilayah Saudi. Inisiatif itu mendapat respon yang dinilai positif dari Kerajaan Arab Saudi.

Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman menyebut inisiatif itu sebagai satu langkah positif menuju dialog lebih serius perihal Yaman. Dia juga menekankan bahwa negaranya “terbuka bagi semua prakarsa penyelesaian secara politik bagi Yaman, dan bahkan berharap terjadi hari ini pula tanpa menanti besok.”

Yaman sejak sekira lima tahun lalu dilanda perang antara pasukan presiden tersingkir Yaman Abd Mansour Hadi yang didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi di satu pihak dan kelompok pejuang Ansarullah di pihak lain. Perang ini telah menjatuhkan banyak korban jiwa dan luka serta membuat Yaman terpuruk dalam tragedi kemanusiaan yang bahkan dinilai oleh PBB sebagai yang terburuk di dunia. (mm/raialyoum)

DISKUSI: