Aboul Gheit: Aljazair, Irak dan Yordania Ingin Suriah kembali Duduki Kursinya di Liga Arab

0
308

Kairo, LiputanIslam.com –  Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menyatakan bahwa tiga negara Arab Aljazair, Irak dan Yordania menginginkan Suriah kembali menempati kursinya di Liga Arab.

Dikutip Rai Al-Youm, Kamis (28/10), dalam wawancara dengan saluran Sada Al-Balad yang berbasis di Mesir, Aboul Gheit mengatakan, “Sejumlah negara Arab (tanpa menyebutkan nama) membuka diri secara diam-diam terhadap Suriah. Tapi saya sebagai Sekjen tidak melhat adanya satupun permohonan formal maupun informal untuk dimulainya tindakan-tindakan bagi kembalinya (Suriah) ke kursinya.”

Atas persetujuan 18 negara anggota Liga Arab dan penolakan dari tiga anggota lainnya, yaitu Suriah, Lebanon dan Yaman, sementara Irak absten, Liga Arab pada tanggal 12 November 2011 membekukan keanggotaan Suriah pada organisasi negara-negara Arab ini dengan klaim “kejahatan rezim Al-Assad terhadap rakyatnya”.

Aboul Gheit menyebutkan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab 2022 akan digelar di Aljazair, negara yang dia sebut terdepan dalam upaya pemulihan keanggotaan Suriah, sementara Irak juga sudah berbicara tentang itu, dan Yordaniapun menginginkan kembalinya Suriah ke Liga Arab dan telah memulai komunikasi dengan Suriah hingga bahkan kembali bertukar duta besar.

“Ini semua menandai awal dari momentum,” lanjutnya.

Dia kemudian menjelaskan, “Mekanisme pemulihan keanggota Suriah terwakili dalam persetujuan Dewan Menteri Liga Arab atas rancangan resolusi yang diajukan oleh para delegasi dan ditempatkan di depan KTT untuk disetujui.” (mm/raialyoum)

DISKUSI: