4 Orang Palestina Gugur Di Tepi Barat, Hamas Ancam Balas Israel

0
103

Gaza, LiputanIslam.com – Faksi Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, menegaskan bahwa “semua opsi terbuka bagi Poros Resistensi untuk bereaksi terhadap kejahatan rezim pendudukan, Israel”, menyusul serangan pasukan Zionis yang menggugurkan tiga warga Palestina di Tepi Barat.

Dalam siaran persnya, Rabu (20/3/2019), Hamas memastikan bahwa “Poros Resistensi sanggup membalas kejahatan rezim pendudukan (Israel), dan dalam beberapa hari mendatang akan ada kejutan dari perlawanan rakyat kami terhadap pendudukan.”

Hamas menambahkan,”Tindakan rezim pendudukan melanjutkan kejahatannya di kota-kota Tepi Barat tidak akan melemahkan kehendak bangsa kami untuk melanjutkan perlawanan, dan pembunuhan ketiga pemuda itu tidak akan mengubah citra tentara pengecut yang tak berdaya menghadapi para pejuang.”

Pada Selasa malam tentara Israel membunuh seorang warga Palestina yang diduga telah membunuh seorang tentara dan satu pemukim Zionis Israel dalam peristiwa penembakan pada tiga hari lalu di Tepi Barat.

Kementerian Kesehatan Palestina dalam sebuah pernyataannya mengumumkan bahwa melalui mediator pihaknya telah menerima pemberitahuan dari Kementerian Kesehatan Israel mengenai gugurnya seorang Palestina di desa Abwain di utara Ramallah.

Sumber-sumber militer Israel mengatakan tentara Israel membunuh Omar Abu Leila setelah pengejaran selama dua hari terkait dengan aksi penembakan yang menewaskan dua tentara Israel dan seorang warga Israel serta melukai beberapa orang Israel lainnya di dekat pemukiman Yahudi di Tepi Barat.

Selanjutnya, sumber-sumber Palestina mengumumkan gugurnya dua pemuda Palestina terkena tembakan tentara Israel terhadap sebuah mobil yang mereka tumpangi di kota Nablus pada dini hari Rabu.

Militer Israel mengaku pihaknya telah dilempar bahan peledak dari dalam sebuah mobil di Nablus sehingga tentara menembaki mobil itu dan menghabisi dua orang yang ada di dalamnya, sementara  di pihak tentara tidak jatuh korban.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa satu lagi warga Palestina gugur dan satu lainnya terluka di bagian perut diterjang peluru pasukan Israel di bagian selatan wilayah Tepi Barat pada Rabu malam.

Belum ada laporan rinci mengenai identitas dua korban dan motivasi penembakan, namun saksi mata mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi setelah tentara Israel melepaskan tembakan ke arah mobil orang Palestina di sebuah barikade militer di selatan Bethlehem. (mm/raialyoum)

DISKUSI: