Teroris Bawahan UEA Rampok Ratusan Milyar Rial dari Bank Pusat Yaman

0
55

Sanaa,LiputanIslam.com-Sejumlah sumber memberitakan perampokan uang dalam jumlah besar dari Bank Pusat Yama. Pelakunya adalah para teroris yang berafiliasi kepada UEA di timur Yaman.

Sumber-sumber keamanan di Mukalla, ibu kota Provinsi Hadhramaut, mengatakan kepada Eram News, pasukan al-Nakhbah al-Hadhramiyah telah mengirim beberapa kontainer ke kota tersebut pada awal pekan ini.

Menurut sumber-sumber tersebut, Angkatan Udara Saudi melindungi konvoi kontainer-kontainer itu dari udara, sampai konvoi itu tiba di markas Koalisi Saudi di bandara al-Rayyan, Mukalla.

Eram News melaporkan, uang yang dirampok itu senilai 280 milyar rial Yaman. Ini menyebabkan kekhawatiran rakyat Yaman akan jatuhnya nilai tukar mata uang negara tersebut di hadapan mata uang asing.

Al-Nakhbah al-Hadhramiyah meliputi serdadu dan milisi lokal Hadhramaut yang dididik oleh para perwira UEA. Pasukan ini juga mendapat sokongan logistik dari AS.

Menurut al-Jazeera, biasanya Saudi memfasilitasi pasukan ini dengan senjata. Namun mereka praktis berada di bawah komando UEA.

Meski awalnya pasukan ini dibentuk dengan dalih memerangi al-Qaeda, namun tak lama berselang, pasukan ini berubah menjadi kelompok pencuri dan penyiksa yang melakukan banyak kejahatan terhadap rakyat Yaman. (af/alalam)

Baca Juga:

Yaman Sebut Klaim Kesiapan Saudi untuk Berdamai sebagai Kebohongan

Ansharullah: Ekonomi Saudi Bisa Selamat dengan Mengakhiri Koalisi Agresi ke Yaman

DISKUSI:
SHARE THIS: