Ternyata Ukraina Cuma Dapat Kiriman Patriot Edisi Lama dari AS

0
214

Kiev,LiputanIslam.com-Sputnik mengutip dari kanal YouTube, Through the Eyes of, bahwa mantan perwira intelijen AS, Scott Ritter menyatakan, Presiden AS, Joe Biden akan mengirim sistem pertahanan udara Patriot yang sudah usang ke Ukraina.

Menurut pendapat Ritter, Washington tidak akan mengirim sistem pertahanan udara Patriot yang sudah di-upgrade. Tipe Patriot yang akan dikirim ke Ukraina adalah model lama dengan fitur-fitur paling minimal.

Ritter mengungkapkan bahwa sistem pertahanan udara ini menunjukkan kinerja buruk dalam dua perang yang dijalani AS di Irak tahun 1991 dan 2003. Patriot versi ini bahkan tidak bisa melacak rudal-rudal Scud usang buatan Soviet, yang ditembakkan pasukan Irak saat menyerang Kuwait tiga puluh tahun silam.

Sebelum ini, jenderal pensiunan Tentara AS, Mark Hertling menyatakan bahwa Ukraina memerlukan persiapan selama berbulan-bulan untuk bisa menggunakan sistem pertahanan udara Patriot. Hertling berpendapat bahwa sistem ini tidak bisa melindungi semua wilayah Ukraina dari serangan Rusia.

Belum lama ini AS dikabarkan sepakat untuk mengirim sistem pertahanan Patriot ke Ukraina. Dalam lawatan internasional pertama setelah meletusnya perang di Ukraina, Presiden Volodymir Zelensky bertemu dengan Biden. Dalam pertemuan itu, Biden menjanjikan bantuan dari 50 negara, 2 ribu unit tank dan kendaraan lapis baja, serta 50 sistem rudal kepada Zelensky. (af/yjc)

DISKUSI: