Tentara AS Tembaki Warga di Bandara Kabul

0
518

Kabul,LiputanIslam.com-Berbarengan dengan kedatangan berbondong-bondong warga Kabul, para saksi mata mengatakan bahwa Tentara AS melepas tembakan ke arah mereka dengan alasan mengendalikan situasi.

Sebagian saksi mata mengklaim, beberapa warga tewas akibat terkena tembakan.

Sejumlah klip video menunjukkan, warga Afghanistan berbondong-bondong ke bandara internasional Hamed Karzai untuk keluar dari negara itu, menyusul jatuhnya ibu kota Afghanistan ke tangan Taliban.

Beberapa media melaporkan, salah satu alasan yang mendorong warga berhamburan ke bandara adalah isu bahwa mereka akan dievakuasi ke Kanada tanpa membutuhkan visa dan paspor.

Aparat keamanan dan Tentara AS berusaha untuk mengontrol situasi, namun jumlah warga yang mendatangi bandara terus bertambah.

Bandara sipil Kabul praktis sudah lumpuh. Semua pegawai keamanan dan sipil bandara telah meninggalkan tempat kerja mereka. Tak ada satu pun orang yang berada di kantor manajemen bandara tersebut.

Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa maskapai Emirates mengumumkan, pihaknya menunda penerbangan ke Kabul, setelah kota itu dikuasai Taliban.

Usai Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani kabur ke luar negeri, terjadi kekosongan kekuasaan di ibu kota negara itu, sehingga memicu kekacauan di berbagai penjuru kota. Media-media Afghanistan pun menghentikan aktivitas rutin mereka. (af/alalam)

Baca Juga:

Sekjen Hizbullah: AS Khianati Teman-temannya di Afghanistan

Kuasai Kabul, Taliban Nyatakan Perang di Afghanistan Sudah Berakhir

 

DISKUSI: