Teheran Jelaskan Alasan Operasi Militer ke Basis Separatis di Kurdistan

0
230

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam beberapa hari terakhir, Iran melancarkan operasi militer ke sejumlah basis teroris-separatis di wilayah Kurdistan Irak. Melalui surat yang dikirim ke DK PBB, Wakil Tetap Iran di PBB menjelaskan sebab-sebab operasi militer tersebut.

Amir Saeed Iravani menyatakan, sudah sejak lama kelompok teroris di utara Irak itu menjadikan Iran sebagai target serangan. Termasuk di antaranya adalah menyelundupkan senjata ke anasir mereka untuk melakukan aksi teror di wilayah Iran.

“Selain menekankan tanggung jawab Pemerintah Irak untuk mengontrol seluruh wilayah dan perbatasan internasional negara, Iran juga telah mengajukan bukti-bukti tak terbantahkan dan informasi kredibel kepada Pemerintah Irak dan Kurdistan tentang kelompok-kelompok teroris-separatis, yang menggunakan teritori Irak untuk merencanakan, mendukung, mengorganisasi, dan melaksanakan tindakan-tindakan subversif terhadap Iran,”ungkap Iravani.

“Iran juga meminta agar basis-basis dan kamp pelatihan para teroris ini ditutup dan senjata anasir mereka dilucuti. Iran juga menekankan pentingnya keberadaan pasukan Irak di perbatasan internasional kedua negara. Pihak Irak telah menyetujui permintaan ini dan berjanji untuk melucuti senjata kelompok-kelompok teroris ini,”imbuhnya.

Ia menyayangkan bahwa hingga saat ini, tak ada tindakan efektif yang dilakukan untuk mewujudkan kesepakatan tersebut. Sebab itu, Teheran tidak punya pilihan kecuali menggunakan haknya untuk melindungi keamanan dalam negerinya.

“Baru-baru ini, Iran telah melancarkan operasi militer urgen terhadap kelompok-kelompok teroris di kawasan Kurdistan Irak. Operasi ini direncanakan dengan cermat dan menargetkan basis-basis para teroris dengan akurat,”tegas Iravani. (af/fars)

DISKUSI: