Teheran,LiputanIslam.com-Menlu Iran menanggapi kekhawatiran Uni Eropa terkait pengayaan uranium terbaru Iran. Mohammad Javad Zarif memberikan tanggapannya melalui Twitter, serta melampirkan surat yang pernah dikirimnya kepada Federica Mogherini.

“Kepada para kolega saya di Uni Eropa dan tiga negara Jerman, Prancis, dan Inggris:

  1. Kami mematuhi semua komitmen kami di JCPOA sepenuhnya. Sedangkan kalian? Coba tunjukkan satu saja komitmen yang kalian patuhi selama 18 bulan terakhir ini.
  2. Saat kalian sibuk mengulur-ulur waktu, Iran telah menjalankan mekanisme penyelesaian perselisihan dan menuntaskannya.

Kini kami tengah menjalankan langkah-langkah kompensasi yang tercantum di paragraf 36 JCPOA. Silakan baca surat saya yang bertanggal 6 November 2018 ini,”cuit Zarif melalui akun Twitter-nya.

Baca: IAEA Laporkan Temuan Partikel Uranium di Lokasi Yang Tidak Diumumkan di Iran

Setelah Iran memutuskan untuk memangkas komitmen JCPOA-nya dan memulai pengayaan uranium di fasilitas nuklir Natanz, Prancis, Jerman, dan Inggris pada hari Senin kemarin (11/11) merilis statemen bersama dan menyuarakan kekhawatiran mereka.

Para menlu tiga negara tersebut menilai, keputusan Iran ini merupakan percepatan langkah Iran untuk menjauh dari JCPOA.

Tiga negara Eropa ini mengklaim, dimulainya kembali pengayaan uranium di Ferdow bertentangan dengan konten JCPOA dan bisa memiliki konsekuensi berat. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*