Tanggapi Rumor Tewasnya Pelatih Militer Iran, Rusia: Cuma Omong Kosong

0
274

Moskow,LiputanIslam.com-Ketua Dewan Keamanan Nasional dan Pertahanan Ukraina, Oleksy Danilov pada Kamis (24/11)menyatakan bahwa para pelatih militer Iran tewas diserang Ukraina saat sedang membantu pasukan Rusia menggunakan drone-drone Iran.

Dalam wawancara dengan harian Inggris, Guardian, pada Kamis lalu, Danilov ditanya soal kebenaran laporan media-media Israel bahwa para pelatih militer Iran tewas di Krimea.

Danilov mengaku bahwa laporan-laporan itu akurat. Namun ia tidak menyebutkan tempat terjadinya serangan atau jumlah orang Iran yang terbunuh.

“Anda tidak boleh berada di tempat yang tidak seharusnya. Mereka berada di wilayah kami. Kami tidak mengundang mereka ke sini. Jika mereka berpartisipasi dalam menghancurkan negara kami, kami harus membunuh mereka,” ujar Danilov, dilaporkan Russia Today.

Klaim ini ditanggapi oleh pemimpin Semenanjung Krimea, Sergey Aksyonov. Melalui akun di Telegram, Aksyonov membantah statemen ini dan menyebut klaim-klaim Ukraina tak lebih dari omong kosong.

Ia menambahkan bahwa kemungkinan besar dongeng ini diungkap Kiev untuk para audiens Barat yang “menyimaknya dengan penuh minat”.

“Setiap kali kursi di bawah kaki Rezim (Kiev) semakin goyah, dongeng-dongeng semacam ini akan jadi lebih menarik,” sindir Aksyonov. (af/alalam)

DISKUSI: