Tanggapi AS, Erdogan: Turki Tetap Beli S-400 dari Rusia

0
78

Ankara,LiputanIslam.com-Presiden Turki bereaksi terhadap prasyarat yang diajukan AS untuk pembelian F-35, yaitu pembatalan transaksi pembelian S-400 dari Rusia. Recep Tayyip Erdogan menegaskan, Ankara tetap akan membeli sistem pertahanan udara ini, karena kedua negara telah mencapai kesepakatan.

Hal ini disampaikan Erdogan dalam wawancara dengan kanal TV24 dan Tv360 Turki pada Rabu (6/3).

“Ankara akan memulai produksi gabungan dengan Moskow. Setelah memberi S-400, ada kemungkinan kita akan mewacanakan pembelian S-500,”kata Erdogan.

Terkait pengadaan kawasan aman di utara Suriah, Erdogan menyatakan bahwa pemerintahan AS telah mengambil sikap tegas dalam hal ini.

“Kami menentang pemberian kendali kawasan-kawasan aman ke selain Turki, sebab jika hal ini terjadi, tiap saat ada kemungkinan Turki akan diserang dari arah kawasan-kawasan tersebut,”tandasnya.

Terkait mundurnya AS dari Suriah, Erdogan berkata,”AS bisa membawa pulang senjata-senjata mereka atau menjualnya kepada kita. Tapi mereka tak berhak memberikannya kepada para teroris.”

Kelompok teroris yang dimaksud Erdogan adalah kelompok milisi Kurdi Suriah.

Pada pekan lalu, Washington menegaskan akan menjual F-35 dan sistem antirudal Patriot jika Ankara membatalkan rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Moskow.

S-400 adalah salah satu sistem pertahanan udara termodern saat ini. Sistem ini bisa memuat dan menembakkan tiga model rudal, juga sanggup menargetkan beragam sasaran, termasuk rudal balistik antarbenua, rudal cruise, dan jet-jet antiradar. (af/alalam)

DISKUSI: