Taliban Klaim Tidak Ada Bahaya Mengancam Nyawa dan Harta Warga

0
476

Kabul,LiputanIslam.com-Jubir Taliban mengatakan,”Jaminan dan statemen resmi kami meyakinkan bahwa tidak ada bahaya yang mengancam harta, martabat, dan kehidupan warga Afghanistan.”

Dalam wawancara dengan CNN, Senin malam (16/8), Suhail Shahin menyatakan bahwa warga tidak harus merasa takut. Ia mengklaim, itu adalah komitmen Taliban. Shahin berkata bahwa siapa pun bisa menyaksikan warga hidup secara biasa di daerah-daerah yang dikuasai Taliban.

“Di kawasan-kawasan itu, sekolah dan kantor-kantor masih dibuka. Para pedagang juga melakukan aktivitas mereka. Ini adalah contoh praktis kami. Jadi mengapa mereka (warga) ketakutan? Mereka tak boleh merasa takut,”imbuh Shahin.

Ia juga bicara soal adanya pos-pos pemeriksaan dan kemungkinan Taliban mendatangi rumah orang-orang yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga internasional. Ia berkata,, keberadaan pos-pos pemeriksaan hanya sebuah langkah pengamanan.

Menurutnya, pos-pos itu berfungsi untuk mencegah ketidakamanan, sehingga para penjarah dan penculik tidak bisa melakukan pekerjaan mereka.

Terkait hak-hak kaum wanita di Afghanistan, ia berkata,”Para wanita dan gadis akan pergi ke sekolah sebagai pengajar. Kalian akan melihatnya dalam beberapa hari mendatang.”

Setelah Kabul diduduki Taliban, kelompok ini mengumumkan bahwa tak seorang pun berhak mengancam atau mengusik para mantan pejabat Pemerintahan Afghanistan. (af/alalam)

 

DISKUSI: