Suriah Tentukan Syarat Berikut Jika AS Ingin Jalin Hubungan

0
183

Damaskus,LiputanIslam.com-Kemenlu Suriah dalam statemennya menyebut syarat-syarat yang harus dipenuhi AS, jika Washington hendak menjalin hubungan resmi dengan Damaskus.

“Suriah menegaskan bahwa dialog atau hubungan resmi apa pun dengan pihak AS harus dilakukan secara transparan dan berdasarkan prinsip saling menghormati terhadap kedaulatan, kemerdekaan, dan keutuhan wilayah Suriah serta tidak adanya intervensi dalam urusan Suriah,”demikian disebutkan dalam statemen tersebut.

“Pihak AS tanpa syarat apa pun harus segera mengeluarkan pasukan militernya, yang telah memasuki wilayah Suriah secara ilegal. Pihak AS juga harus menghindari pencurian dan penyelundupan minyak serta gandum Suriah, juga menghentikan dukungan dan bantuan untuk kelompok-kelompok bersenjata dan teroris di pangkalan al-Tanaf,” tegas Kemenlu Suriah.

Kemenlu Suriah menanggapi klaim Pemerintah Washington pekan lalu bahwa Pemerintah Damaskus telah menculik atau menyembunyikan warga AS.

Washington mengklaim, Austin Tice yang merupakan jurnalis lepas dan anggota Korps Marinir AS telah diculik pada 2012 di sebuah pos pemeriksaan di dekat Damaskus.

“Pemerintah Suriah menepis tuduhan penculikan atau hilangnya tiap warga AS yang memasuki negara ini atau tinggal di kawasan yang berada di bawah kedaulatan Pemerintah. Kami menegaskan komitmen mutlak kami kepada prinsip hukum internasional dan konten Konvensi Wina terkait hubungan konsuler,”kata Kemenlu Suriah.

Kemenlu Suriah menambahkan, Pemerintah AS sejak beberapa tahun lalu sudah mengakui bahwa Tice dan warga AS lainnya telah memasuki Suriah secara ilegal. (af/alalam)

DISKUSI: